Pengusaha Ini Disebut Berperan dalam Pengembangan Industri Kecil di Sulsel

Bahkan, Haji Rudi disebut satu-satunya penggiat industri kecil di Sulsel yang berhasil mengelola komoditi kakao dari hulu hingga hilir.

Pengusaha Ini Disebut Berperan dalam Pengembangan Industri Kecil di Sulsel
Haji Rudi
Prof Ahmad Ramadhan Siregar dan Dr Andi Syamsul Alam dari Lembaga Penilitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin bersama Haji Rudi di Cafe Kampoeng Cokelat Chalodo, Jl Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Kappuna, Kecamatam Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Prof Ahmad Ramadhan Siregar dari Lembaga Penilitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menilai Baharuddin Iskandar atau Haji Rud, sebagai pionir pengembangan industri kecil di Sulawesi Selatan.

Haji Rudi disebut satu-satunya penggiat industri kecil di Sulsel yang berhasil mengelola komoditi kakao dari hulu hingga hilir.

"Saya berpendapat bahwa di Luwu Utara ini telah banyak industri-industri kecil yang potensial yang perlu dikembangkan," kata Prof Ahmad, Jumat (14/6/2019).

Salah satu industri potensial tersebut adalah industri kakao yang sudah mengarah kepada proses hilirisasi yang mana salah sutu pionirnya adalah Haji Rudi," lanjutnya.

Sejumlah PNS Eks Napi Korupsi Dipecat Mengadu Ke DPRD Palopo

NH Bareng SYL, Deng Ical Mojok Berdua dengan None

Prof Ahmad ikut menyarankan kepada pemerintah pusat maupun provinsi mendukung pengembangan usaha.

"Paling tidak Haji Rudi mendapatkan kesempatan atau pengharagaan dari pemerintah sebagai pionir pengembangan industri kecil khususnya industri kakao di Sulawesi Selatan," katanya.

Senada dengan itu, Dr Andi Syamsul Alam yang mendampangi Prof Ahmad ikut mendukung Haji Rudi mendapatkan penghargaan.

"Karena kami melihat hanya Haji Rudi satu-satunya pionir pengembangan industri kecil di Sulawesi Selatan yang mengembanngkan dari industri hulu ke hilirisasi," ujarnya.

"Bahkan berdampak luas bagi masyarakat sekitarnya dalam menciptakan lapangan kerja," terang Andi Syamsul yang juga berasal dari LP2M Unhas.

Haji Rudi merupakan pendiri Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sibali Resoe yang mengolah biji kakao menjadi makanan dan minuman siap saji.

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved