Pesona Desa

Pemerintah Desa Batara Pangkep Gelar Rembuk Stunting

Rembuk stunting ini dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Labakkang, Dinas Ketahanan Pangan Pangkep, Puskesmas Taraweang

Pemerintah Desa Batara Pangkep Gelar Rembuk Stunting
Nurul Ismi Wardani
GUNA melakukan penanganan dan pencegahan stunting di Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Pangkep, pemerintah desa setempat mengadakan rembuk stunting dalam rangka percepatan, pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi. 

Citizen Reporter

Nurul Ismi Wardani

Melaporkan dari Desa Batara, Labakkang Pangkep

GUNA melakukan penanganan dan pencegahan stunting di Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Pangkep, pemerintah desa setempat mengadakan rembuk stunting dalam rangka percepatan, pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi.

Rembuk dibuka oleh Sekretaris Desa Batara, Rahman Syah, di Baruga Sayang Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Kamis (05/09/2019).

Rembuk stunting ini dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Labakkang, Dinas Ketahanan Pangan Pangkep, Puskesmas Taraweang, serta kader-kader posyandu se-Desa Batara.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 Hari Pertama Kehiupan. Secara fisik, kondisi stunting dapat dilihat dari pertumbuhan tinggi badan per umur yang tidak sesuai dengan standar pertumbuhan yang seharusnya.

Akibat terburuk nya adalah perkembangan dan pertumbuhan otak anak, sehingga kecerdasan anak tidak maksimal yang tentu saja akan menimbulkan masalah secara sosial yang bisa memepengaruhi masa depan serta produktivitas anak tersebut.

Ada beberapa cara yang akan dilakukan Pemdes Batara dalam mengurangi angka stunting. Salah satunya dengan menanam Sayur. Pemdes Batara berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Pangkep dalam menangani kasus Stunting ini. Dinas Ketahanan Pangan akan menyalurkan bantuan bibit sayur serta pupuknya kepada penderita stunting.

Selain itu, Pemdes Batara juga telah menyiapkan bantuan susu bagi penderita stunting. Dalam rembuk ini diharapkan adanya komitmen dan konsistensi untuk mencapai Desa Batara bebas stunting. Semoga setelah ini, sejalan dengan waktu penderita stunting berkurang dan menuju Desa Batara Sehat dan bebas Stunting.     

Penulis: CitizenReporter
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved