Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Dipuji Donald Trump Usai Berselisih, Ini Profil PM Denmark Metter Frederiksen

Ia adalah wanita kedua yang memegang jabatan perdana menteri serta perdana menteri termuda dalam sejarah Denmark.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Usai mengecam karena idenya yang akan membeli Greenland ditolak, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump malah memuji kepada Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen.

Ia malah mengatakan dia mendapat telepon dari Frederiksen.

Bahkan sebelumnya, Trum sempat menyebutkan bahwa Frederiksen "menjijikkan" setelah menolak idenya untuk membeli Greenland dari Denmark.

Dilansir dari Kompas.com, namun seperti diberitakan AFP Sabtu (24/8/2019), Trump menyebut PM termuda dalam sejarah Denmark itu sebagai "sosok perempuan yang menakjubkan".

"Kami melakukan perbincangan yang sangat indah," ujar Trump kepada awak media sesaat sebelum dia bertolak menuju Perancis, tempat agenda pertemuan G7 dilangsungkan.

Trump menuturkan AS mempunyai hubungan yang baik dengan Kopenhagen dan sepakat melanjutkan di kemudian hari seraya memujinya sebagai sosok yang baik.

"Dia yang memulai telepon, dan saya sangat menghargainya," lanjut Trump.

Sebelumnya presiden 73 tahun itu sempat membuat marah negeri Skandinavia itu.

Sebabnya, dia memutuskan membatalkan kunjungan yang sedianya digelar 2-3 September mendatang buntut penolakan Frederiksen atas idenya membeli Greenland.

Frederiksen menjelaskan dia begitu tersinggung dan kecewa karena hanya karena isu wilayah otonomi Denmark itu, Trump sampai memutuskan tidak datang.

Halaman
1234
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved