BMKG Ungkap Sulsel Potensi Dilanda Kekeringan Lama

Kondisi ini berpotensi terjadinya kekeringan yang akan melanda sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan khususnya bagian selatan dan pantai barat Sulse

BMKG Ungkap Sulsel Potensi Dilanda Kekeringan Lama
Tribunnews
UPDATE BMKG Perkiraan Cuaca Makassar, Jakarta, Medan, Surabaya & 33 Kota Lain, Berawan & Hujan Lokal 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus hingga September 2019 mendatang.

Kondisi ini berpotensi terjadinya kekeringan yang akan melanda sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan khususnya bagian selatan dan pantai barat Sulsel.

Baznas Enrekang Ungkap Nilai Kurban Masyarakat Tahun Ini Capai Rp 34,5 M

Kondisi Terkini Sang Ibu Ratapi Dua Putrinya Diajak Berzina dan Jadi Budak Seks Ayah Kandung

Danyon C Pelopor Bone Dampingi Dansat Brimob Polda Sulsel Cek Personel

IAS-DP Bertemu Lagi, Simak Penjelasan Keduanya

Kadir Halid Minta KPK Periksa 3 Anggota DPRD Sulsel dan Sekwan

" Sampai monitoring dasarian II Agustus seluruh wilayah Sulsel bagian selatan dan pantai barat sudah masuk kategori sangat panjang hingga ekstrem," kata Kepala Stasiun Klimatologi Maros yang meliputi WilayahSulawesi dan Maluku, Hartanto.

Berdasarkan monitoring sebagian besar sudah dialami wilayah Sulsel musim kemarau dengan jumlah 31 sampai 72 Hari Tanpa Hujan (HTH).

Pantauan HTH adalah pantauan hari tanpa hujan, jika terjadi hujan maka akan kembali hitungan awal (nol). Jadi jika terpantau 60 hari tanpa hujan berarti daerah tersebut terjadi hujan terakhir 60 hari yang lalu.

Sesuai pengamatan BMKG, sebagian besar wilayah Sulsel didominasi HTH dengan kategori panjang antara 31 sampai 60 hari tanpa hujan.

Namun tak dipungkiri cukup banyak titik dengan katagori ekstrem diatas 60 hari, bahkan ada wilayah yang masuk dalam kategori HTH terpanjang yakni 72 hari.

Hartanto mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai daerah yang sudah memasuki puncak musim kemarau, terutama daerah yang sudah dalam kategori kekeringan ekstrem.

UPDATE BMKG Perkiraan Cuaca Makassar, Jakarta, Medan, Surabaya & 33 Kota Lain, Berawan & Hujan Lokal
UPDATE BMKG Perkiraan Cuaca Makassar, Jakarta, Medan, Surabaya & 33 Kota Lain, Berawan & Hujan Lokal (Tribunnews)

Karena musim kemarau yang berlangsung lama kata dia berpotensi besar terjadi kekeringan, kekurangan air bersih, kebakaran rumah, lahan hingga kebakaran hutan.

Apalagi puncak musim kemarau diperkirakan masih akan berlangsung hingga bulan September. Sehingga dampak kekeringan ini masih akan terus terjadi.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved