Sikapi Maraknya Isu Intoleran, Ini Respon FKUB Pinrang

Respon itu diutarakan langsung oleh Sekretaris FKUB Pinrang, Alamsyah Saban Miru kepada TribunPinrang.com

Sikapi Maraknya Isu Intoleran, Ini Respon FKUB Pinrang
Dokumen Alamsyah Saban Miru
Sekretaris FKUB Pinrang, Alamsyah Saban Miru

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pinrang turut menyikapi memanasnya isu bernuansa intoleran yang terjadi di wilayah Indonesia, akhir-akhir ini.

Respon itu diutarakan langsung oleh Sekretaris FKUB Pinrang, Alamsyah Saban Miru kepada TribunPinrang.com, Rabu (21/8/2019).

Menurutnya, selaku mitra pemerintah, pihaknya menilai bahwa peran pemuka agama penting dan dibutuhkan di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang beragam.

"Oleh karena itu, kami menghimbau kepada seluruh pihak untuk senantiasa menjaga beberapa hal guna menciptakan kesepahaman dan menyamakan persepsi dalam rangka memperkuat toleransi dan kerukunan umat beragama," katanya.

Alamsyah pun menyebutkan beberapa hal yang perlu dijaga tersebut. Di antaranya, mengendalikan emosi.

"Ketika kita mendengar orang menghina kita atau sesuatu yang berhubungan erat dengan kita, seringkali kita merasa tersinggung. Karenanya, kita harus berusaha mengendalikan emosi. Jangan pernah membalas kejahatan dengan kejahatan, namun dengan kebaikan," jelasnya.

Selain itu, lanjut Alamsayah, hal lain yang perlu dihindari adalah memanggil orang lain dengan julukan berdasarkan SARA.

Hal ini mungkin tidak bermasalah bagi beberapa orang karena kedekatan atau canda gurau saja. Namun, julukan semacam itu dapat pula menyinggung perasaan orang lain.

"Sedekat apapun hubungan kita dengan seseorang, sebisa mungkin jangan menyinggung atau memberi julukan berkaitan dengan masalah SARA, agar tidak melukai hatinya," paparnya.

Alamsyah juga berpesan, masyarakat mengindari tindakan menghakimi dan berpikiran negatif tentang suku, agama, ras, dan golongan yang berbeda.

Halaman
12
Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved