Cerita Taufik, Dispatcher PLN yang 24 Jam Nonstop Jaga Pasokan Listrik

Operator PLN yang disebut dispatcher, memonitor dan menjaga pasokan listrik nonstop 24 jam walaupun di hari libur.

Cerita Taufik, Dispatcher PLN yang 24 Jam Nonstop Jaga Pasokan Listrik
dok PLN
Operator PLN yang disebut dispatcher, memonitor dan menjaga pasokan listrik nonstop 24 jam walaupun di hari libur. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dibalik kekhusyuan ibadah hari raya, kemeriahan acara, dan nikmatnya berkumpul bersama keluarga, ada operator PLN yang bertugas menjaga pasokan listrik selama 24 jam.

Operator PLN yang disebut dispatcher, memonitor dan menjaga pasokan listrik nonstop 24 jam walaupun di hari libur. Dispatcher PLN di Makassar, Taufik mengatakan tantangan menjadi dispatcher itu menurutnya beresiko tinggi.

“Pekerjaan kami berbeda dengan pekerjaan pada umumnya yang kalau salah dapat diulang kembali. Sedangkan kami kalau salah risikonya besar, paling fatal bisa merusak peralatan,” unhkapnya dalam rilis yang diterima tribun-timur.com, Minggu (11/8/2019).

Selama bertugas sebagai dispatcher PLN Makassar, Taufik acapkali melewatkan hari libur bahkan hari raya bersama keluarga.

Baca: PLN UIP Sulawesi Mau Bangun SUTT 150 KV dari Mamuju ke Topoyo

Baca: Kisah Harkito Syam Asal Pinrang, Jadi Tim PDKB-TT, Taruhkan Nyawa Amankan Listrik

"Normalnya kan Senin sampai Jumat dan Sabtu Minggu itu libur, tetapi kami apabila piketnya bertepatan dengan hari libur atau hari raya harus tetap masuk," tuturnya.

"Pada saat bertugas di hari raya di mana masyarakat semua berkumpul dengan keluarga, kami di kantor. Saat mereka terlelap, kami masih terjaga untuk menjaga kelistrikan," lanjutnya.

Baginya hal tersebut merupakan amanah dan sebuah kebahagiaan dapat membantu masyarakat dari jauh agar yang berkumpul dengan keluarga tetap merasa nyaman.

"Saya merasa bersyukur karena dapat berperan penting dalam masyarakat walaupun banyak yang tidak mengetahuinya. Intinya kerja dengan ikhlas InsyaAllah berkah," katanya.(*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved