BRI, BCA, Mayapada, dan OCBC NISP Turunkan Bunga Deposito, Bank Lain?

Didorong penurunan suku bunga acuan, untuk simpanan deposito yang menggunakan suku bunga maksimal sudah kami turunkan 25 bps-30 bps.

BRI, BCA, Mayapada, dan OCBC NISP Turunkan Bunga Deposito, Bank Lain?
shutterstock
Suku Bunga Bank

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Perbankan bergegas menurunkan suku bunga simpanannya pascapenurunan bunga oleh Bank Indonesia (BI) Juli lalu sebesar 25 bps. Apalagi tingkat bunga penjaminan simpanan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga baru saja diturunkan.

Menurunkan bunga deposito jadi langkah awal. Sebab dana mahal ini yang bikin biaya dana (cost of fund) perbankan sepanjang semester awal 2019 yang akhirnya menggerus profitabilitas.

Beberapa bankir mengaku telah melungsurkan bunga depositonya sejak awal Juli lalu.

“Didorong penurunan suku bunga acuan, untuk simpanan deposito yang menggunakan suku bunga maksimal sudah kami turunkan 25 bps-30 bps,” kata Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, Bambang Tri Baroto, Minggu (4/8/2019).

Untuk bunga jenis simpanan lainnya punya kesempatan untuk diturunkan. Meski demikian hal tersebut akan tergantung dengan jangka waktu simpanan dan pinjaman nasabah.

Baca: Bunga Acuan Turun, Peluang Developer Tingkatkan Penjualan

Baca: Suku Bunga Acuan BI Turun 25 Bps, BNI: Kami Segera Sesuaikan

Baca: Bank Indonesia Resmikan BI Corner di SMA Islam Athirah

“Hingga akhir tahun kami juga masih melihat peluang penurunan bunga acuan setidaknya hingga 25 bps. Mengingat total kenaikan bunga acuan pada 2018 lalu mencapai 175 bps,” tuturnya.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Central Asia Tbk, Jan Hendra menyatakan hal serupa. Bank swasta terbesar di tanah air ini juga telah menurunkan bunga depositonya sebesar 25 bps bersamaan pengumuman terhadap penurunan bunga acuan BI.

Sementara Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk, Parwati Surjaudaja juga mengaku telah mengambil langkah serupa. Perseroan telah menurunkan bunga simpanannya sebanyak 25 bps.

Penurunan juga dilakukan Bank Mayapada. Presiden Direktur PT Bank Mayapada Tbk, Hariyono Tjahrijadi menuturkan selain mengacu terhadap bunga acuan, penurunan bunga simpanan juga perlu memperhatikan kompetisi dan likuiditas di pasar.

Ia mengakui Bank Mayapada juga telah menurunkan bunga simpanannya 10 bps hingga 25 bps sejak pengumuman Bank Indonesia.

Halaman
12
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved