Camat Bacukiki Luncurkan Bola Datana Kampong KB

Iskandar mengatakan, kehadiran Kampong KB tersebut diharapakan dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat

Camat Bacukiki Luncurkan Bola Datana Kampong KB
Darullah/tribunparepare.com
Camat Bacukiki, Iskandar Nusu beri sambutan launching Bola Datana kampung KB, di Kelurahan Watang Bacukiki, Jumat (2/8/2019). 

TRIBUN-PAREPARE.COM, BACUKIKI - Camat Bacukiki, Iskandar Nusu meluncurkan Bola Datana Kampong Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Jumat (2/8/2019) sore.

Iskandar mengatakan, kehadiran Kampong KB tersebut diharapakan dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan data kependudukan khususnya level mikro.

Terlebih lagi, Bola Datana Kampong KB tersebut, merupakan satu-satunya di Parepare.

Hal ini merupakan pilot project program Kampung Keluarga Berkualitas yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Parepare.

"Sebagai modal dasar dalam mewujudkan pembangunan yang berwawasan kependudukan, hal ini merupakan objek yang perlu dikenali, diidentifikasi, dipilah dan dianalisis," jelas Camat Bacukiki.

"Sehingga intervensi pembangunan dapat tepat sasaran," harapnya.

"Tentunya, dengan adanya rumah data, maka akan sangat membantu para kader pengurus lembaga pengelolaan data kependudukan, untuk mendapatkan data yang akurat," papar Iskandar.

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Lompoe, Ilham Willem mengungkapkan, Bola Datana' Kampong KB berbeda dengan yang ada di daerah lainnya.

"Perbedaannya, pada Bola Datana yang ada di Watang Bacukiki ini, disediakan satu ruangan khusus untuk melakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Puskesmas setiap bulannya," ungkap Ilham.

"Kami sengaja minta disediakan satu ruangan khusus, untuk pemeriksaan dan konsultasi kesehatan," ujarnya.

Hal itu, agar rumah data mempunyai fungsi ganda, selain penyediaan data kependudukan.

"Ya tentunya ini akan sangat membantu masyarakat. Semoga ini dapat berfungsi dengan baik, sekaligus menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya," pungkasnya.

Laporan wartawan Tribun-Parepare.com, Darullah, @uull_darullah.

Penulis: Darullah
Editor: Ansar
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved