Kronologi Kerusuhan Sabtu 27 Juli dan Ketika Pemerintah Tak Akui PDI Dipimpin Megawati Soekarnoputri

Kronologi kerusuhan pada hari Sabtu, 27 Juli 1996, berawal dari Soerjadi diduga terlibat penculikan hingga Megawati Soekarnoputri tak diakui pimpin

Kronologi Kerusuhan Sabtu 27 Juli dan Ketika Pemerintah Tak Akui PDI Dipimpin Megawati Soekarnoputri
KOMPAS/EDDY HASBI
Penyerbuan kantor PDI di Jalan Diponegoro oleh pendukung kubu Soerjadi berakhir dengan bentrokan antara massa dan aparat keamanan di kawasan Jalan Salemba, Jakarta Pusat, 27 Juli 1996. Sebelumnya, kantor PDI diduduki massa pendukung Megawati Soekarnoputri. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kronologi kerusuhan pada hari Sabtu, 27 Juli 1996, berawal dari Soerjadi diduga terlibat penculikan hingga Megawati Soekarnoputri tak diakui pimpin PDI.

Sabtu pagi, 27 Juli 1996.

Pada hari itu terjadi peristiwa "Kerusuhan Dua Puluh Tujuh Juli" atau Kudatuli di Kantor DPP PDI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Kala itu terjadi pengambilalihan paksa Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di Jakarta Pusat oleh massa pendukung Soerjadi.

Kejadian ini ditengarai karena tidak terimanya kelompok pendukung Soerjadi (PDI Kongres Medan) dengan keputusan Kongres Jakarta yang memenangkan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum.

Harian Kompas, 23 Juli 1993, memberitakan, Soerjadi secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum PDI sekaligus menjadi ketua formatur penyusunan komposisi DPP.

Namun, Soerjadi disebut terlibat dalam penculikan kader sehingga PDI mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB) di Surabaya.

Dalam kongres itu, Megawati dinyatakan sebagai Ketua Umum PDI.

Selanjutnya diadakan Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta pada 22 Desember 1993 yang akhirnya menetapkan Megawati sebagai ketua umum untuk kepengurusan 1993-1998.

Adapun Soerjadi terpilih berdasarkan hasil Kongres Medan pada 22 Juni 1996 untuk periode 1996-1998.

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved