Bupati dan DPRD Luwu Timur Setuju Arolipu Jadi Desa

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler mengatakan, usai melalui proses tahapan pembahasan pemkab bersama DPRD sepakat menyetujui

Bupati dan DPRD Luwu Timur Setuju Arolipu Jadi Desa
ivan/tribunlutim.com
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler dan Ketua DPRD, Amran Syam di sela rapat paripurna, Selasa (16/7/2019). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Pemerintah Kabupaten (pemkab) dengan DPRD Luwu Timur menyepakati pembentukan Desa Arolipu di Kecamatan Wotu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kesepakatan lewat penandatanganan persetujuan bersama pemkab dan DPRD Luwu Timur pada paripurna pendapat akhir kepala daerah di ruang badan anggaran, Selasa (16/7/2019).

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler mengatakan, usai melalui proses tahapan pembahasan pemkab bersama DPRD sepakat menyetujui ranperda pembentukan Desa Arolipu.

Menurutnya, penandatangan persetujuan bersama adalah cerminan hubungan kemitraan pemkab dan DPRD itu menghasilkan peraturan daerah atsu perda.

"Ini dimaksudkan pula untuk penataan desa yang dilakukan oleh pemerintah daerah," kata Husler kepada TribunLutim.com, Rabu (17/7/2019).

Penyusunan ranperda tentang pembentuan Desa Arolipu di Kecamatan Wotu untuk mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Selain itu, guna mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa.

"Intinya, pembentukan desa ini dibutuhkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," imbuh Husler.

Persiapan Desa Arolipu sudah berjalan 1 tahun 7 bulan sejak diterbitkannya Perbup Luwu Timur Nomor 43 tahun 2017 tanggal 27 November 2017 dibentuk Desa Persiapan Arolipu.

Saat ini, Desa persiapan Arolipu masih masuk dalam wilayah Desa Bawalipu. Desa persiapan Arolipu terdiri dari Dusun Lengkong dan Campae.

Adapun Puskesmas Wotu, SMPN 1 Wotu, RSUD I Lagaligo, SMAN 2 Luwu Timur, Kantor Cabjari Wotu dan beberapa sekolah lainnya masuk wilayah Arolipu jika resmi terbentuk.

Adapun wilayah, Desa Arolipu akan berbatasan dengan Desa Lampenai, Lera dan Bawalipu. Sejumlah masyarakat juga sudah membahas beberapa bakal calon Kepala Desa Aropilu.

Sebagai informasi, ada 124 desa dan tiga kelurahan tersebar di 11 kecamatan pada daerah berjuluk Bumi Batara Guru ini.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, vanbo19

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved