Ayah A Rachmatika Dewi 'Cicu' AM Iqbal Arief Jadi Kajati Sulut, Pernah Bongkar Banyak Korupsi

Ayah Ketua DPD Partai Nasdem Kota Makassar Andi Rachmatika Dewi Yustisia atau Cicu, Andi Muh Iqbal Arief dilantik sebagai Kajati Sulut

Ayah A Rachmatika Dewi 'Cicu' AM Iqbal Arief Jadi Kajati Sulut, Pernah Bongkar Banyak Korupsi
HO
Kajati Sulut, Andi Muh Iqbal Arief dan Nurhayati Sirajuddin. 

MANADO, TRIBUN-TIMUR.COM - Ayah Ketua DPD Partai Nasdem Kota Makassar Andi Rachmatika Dewi Yustisia atau Cicu, Andi Muh Iqbal Arief dilantik sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi ( Kajati ) Sulawesi Utara ( Sulut), Kamis (4/7/2019), di Jakarta.

Dia dilantik Jaksa Agung, M Prasetyo untuk menggantikan Kajati sebelumnya, M Roskanedi.

M Roskanedi kini menjabat Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis (Direktur D) pada Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung RI.

Sebelum menjabat Kajati Sulut, Andi Muh Iqbal Arief adalah Wakil Kajati Sulut.

Pria asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ini pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Manado pada tahun 2011 hingga 2013.

Tak sampai 2 tahun menjabat, suami Nurhayati Arief Sirajuddin ini membongkar sejumlah kasus korupsi di Manado, di antaranya kasus PNBP Unsrat dan dana BOS SMK.

Ada juga kasus korupsi pengadaan tanah pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Manado dan pengadaan rambu lalu lintas Dinas Perhubungan Manado.

 Andi Muh Iqbal Arief juga memimpin timnya membongkar kasus korupsi Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk SMA-SMK-Madrasah dan Rencana Sekolah Bertaraf Internasional (RBSI).

Tak cukup sampai di situ, ia juga berhasil menyelamatkan aset negara sebesar Rp 54 miliar lebih dalam kasus reklamasi Pantai Manado.

Namun, sebelum bertugas di Manado, Andi Muh Iqbal Arief ternyata pernah berperan dalam penanganan kasus korupsi skala nasional.

Sebut saja kasus korupsi dana non-budgeter Bulog pada 2001 yang menyeret nama Akbar Tanjung dan mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rahadi Ramelan.

Ada juga kasus korupsi ruislag Bulog pada 2001 yang melibatkan mantan Menteri Negara Urusan Pangan/Kepala Badan Urusan Logistik Beddu Amang dan putra Presiden Kedua RI Soeharto, Tommy Soeharto.

Dalam kasus-kasus di atas, Andi Muh Iqbal Arief bertugas sebagai tim penyidik Satgas Intelijen Kejaksaan Agung RI.(*)

Editor: Edi Sumardi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved