Basarnas Latih Mahasiswa Unhas Tentang Cara Penyelamatan Area Ketinggian

Instruktur dari Basarnas memberikan materi 'Lifting dan Lowering' yang kemudian dipraktikkan oleh peserta secara langsung.

Basarnas Latih Mahasiswa Unhas Tentang Cara Penyelamatan Area Ketinggian
Humas Basarnas
Anggota baru SAR Unhas mendapatkan pelatihan tentang tata cara penyelematan di area ketinggian. 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - SAR Unhas menghadirkan Instruktur Badan Sar Nasional (Basarnas) Kota Makassar dalam pelatihan  15 mahasiswa, di Tower Repling Kantor Basarnas Makassar, Selasa (2/7/2019).

Pelatihan didapatkan guna menunjang pengetahuan dan keterampilan kepada anggota yang baru bergabung di SAR Unhas, tentang cara penyelematan di area vertikal atau ketinggian

 Instruktur dari Basarnas memberikan materi 'Lifting dan Lowering' yang kemudian dipraktikkan oleh peserta secara langsung. 

Terlibat Kasus Begal, Pelajar Perempuan Ini Dibekuk Tim Khusus Polsek Ujung Pandang

Karoman Dikubur Tanpa Kepala dan Tangan, Sang Istri Menjerit: Pak Presiden Jokowi, Tolong Kami

"Vertical Rescue adalah keterampilan penyelamatan di area vertikal atau ketinggian. Disini kita memberi materi agar peserta paham bagaimana proses penyelamatan di ketinggian", tutur Kaharuddin selaku Kasie Sumber Daya Basarnas Makassar yang bertanggung jawab atas pelatihan ini. 

Sementara itu dalam penyelamatan di ketinggian dikenal teknik Lifting dan Lowering.  Lifting adalah upaya evakuasi korban dari bawah ke atas, sedangkan Lowering sebaliknya, membawa korban dari atas ke bawah. 

"Tadi kita telah memberikan materi lifting dan lowering. Dibagi dua kelompok. Untuk lifting kita mencoba praktikan menggunakan manajemen tandu dan loweringnya pakai sistem tandem", tambah Kaharuddin. 

OPINI - Menyoal PPDB Zonasi

Bahagianya Orangtua Ini, Dulu Sulit Sekolah di SMA 2, Kini Anaknya Jadi Prioritas

Basarnas Makassar berharap dengan pelatihan ini, peserta diklat punya pengetahuan dan keterampilan untuk digunakan jika nanti dibutuhkan. 

"Semoga apa yang didapatkan peserta hari ini dari Basarnas Makassar bisa berguna saat dibutuhkan nanti", tutup Kaharuddin. (*)
 

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp 
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Hasan Basri
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved