Pilpres 2019

Kuasa Hukum 01: Putusan MK Sudah Final dan Mengikat

Kuasa Hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden RI nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK)

Kuasa Hukum 01: Putusan MK Sudah Final dan Mengikat
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Tim hukum Jokowi tanggapi isu Prabowo setelah Mahkamah Konstitusi ke Mahkamah Internasional 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kuasa Hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden RI nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk sengketa perselisihan hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

Majelis Hakim MK telah membacakan Putusan Kamis 27 Juni 2019 setelah diputus dalam Rapat Permusyawaratan Hakim oleh 9 Hakim Konstitusi.

Dalam Amar Putusannya Mahkamah memutuskan menolak permohonan pemohon yakni calon presiden dan wakil presiden RI, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno untuk seluruhnya.

Baca: Lengkap, Bandingkan Isi Pidato Jokowi vs Prabowo Subianto Setelah Sidang MK Tolak Gugatan Kubu 02

Baca: Mustahil Prabowo-Sandi Bawa Hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Internasional Setelah Kalah di MK

Baca: Mustahil Prabowo-Sandi Bawa Hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Internasional Setelah Kalah di MK

"Artinya tidak ada satupun dalil yang dimuat dalam permohonan yang terbukti menurut mahkamah," kata Kuasa Hukum Jokowi-Ma'ruf, Dr Fahri Bachmid, Sabtu (29/6/2019).

Ia mengatakan, Putusan Mahkamah tersebut, tidak ada alasan bagi siapapun untuk menolak.

"Sebab Putusan MK bersifat final and binding, yang artinya mengikat tidak ada lagi upaya hukum lain yang bisa ditempuh, karena hal ini merupakan upaya hukum terakhir dalam Perkara PHPU Pilpres dan putusan ini mengikat kepada semua pihak," katanya.

Bahwa, Tim Kampaye Nasional dan Tim Kuasa Hukum Paslon 01 meminta kepada semua pihak untuk menghormati dan tunduk terhadap putusan tersebut.

Tim Kampaye Nasional dan Tim Kuasa Hukum Paslon 01 juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menjaga keamanan dan ketertiban dalam seluruh proses persidangan MK.

Sehingga, kondisi Negara ini terbilang kondusif pada saat pembacaan putusan.

Meskipun, ada aksi di luar MK tetapi semua berjalan dengan tertib. Hal ini menunjukan bahwa bangsa kita telah dewasa dalam berdemokrasi.

Halaman
12
Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved