Transaksi Gadai Meningkat 14,1 Persen di Periode Ramadan Hingga Idulfitri 1440 H

Setelah Ramadan dan Lebaran Idulfitri 1440 H, PT Pegadaian (Persero) Kanwil VI Makassar mencatat transaksi gadai emas meningkat.

Transaksi Gadai Meningkat 14,1 Persen di Periode Ramadan Hingga Idulfitri 1440 H
sukma/tribuntimur.com
Senior Vice President CEO Region of Makassar, Alim Sutiono ngobrol dengan Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Timur Ronald Ngantung di lantai 4, Kanwil VI Makassar, Rabu (19/6/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Setelah Ramadan dan Lebaran Idulfitri 1440 H, PT Pegadaian (Persero) Kanwil VI Makassar mencatat transaksi gadai emas meningkat.

Salah satu penyebabnya ialah kebutuhan masyarakat meningkat selama Ramadan hingga Lebaran. 

Selain itu bertepatan pula dengan tahun ajaran baru, sehingga masyarakat membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya.

Demikian disampaikan Senior Vice President CEO Region of Makassar, Alim Sutiono saat diwawancara usai menerima kunjungan Manajemen Tribun Timur, di Pegadaian Kanwil VI, Jl Pelita Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (19/6/2019).

 OPINI - Janganko Kasih Nyala Blish-nya “Antara Teori Lama dan Praktik Baru”

 Laga Persebaya vs Madura United Terpaksa Dihentikan,Kronologi Bonek Protes & Rusak Fasilitas Stadion

"Terjadi peningkatan transaksi gadai periode ramadan dan lebaran. Karena tak dipungkiri jika  kebutuhan uang tunai masyarakat meningkat pada momen tersebut," katanya.

Lebih lanjut, disampaikan dibandingkan dengan tahun lalu dengan periode yang sama, Ramadan dan Lebaran tahun ini terjadi peningkatan Outstanding Loan (OSL) sebesar 14,1 persen.

"Transaksi masih didominasi oleh produk gadai. Dimana dari penyaluran kredit sebesar 1,38 Triliun pada Mei 2019, 90 persennya adalah transaksi gadai," ujarnya.

Menurutnya transaksi gadai tersebut didominasi emas 95 persen selebihnya kendaraan dan elektronik.

Selain gadai emas yang meningkat pada periode tersebut, Alim Sutiono mengungkapkan ada  peningkatan transaksi pada penyaluran pembiayaan Amanah Pegadaian.

Astra Motor Makassar Berikan Bantuan untuk Petani di Gowa

Cerita Nia Ramadhani yang Tidak Dia Dapatkan di Keluarga Abu Rizal Bakri saat Momen Lebaran

"Peningkatan tersebut dikarenakan besarnya minat masyarakat untuk memiliki kendaraan baru pada saat lebaran. Apalagi ada program spesial berupa cashback hingga  Rp 2 juta bagi nasabah yang membeli kendaraan saat ramadan," ungkapnya.

Alim Sutiono menambahkan, program terbaru pasca lebaran Pegadaian memberikan hadiah langsung nasabah Gadai yang bertransaksi hingga 15 Juli 2019 mendatang.

"Pegadaian juga menyediakan pinjaman bagi nasabah mikro dengan plafond hingga Rp 400 juta per nasabah. Jaminan berupa sertifikat tanah ataupun BPKB kendaraan bermotor," tuturnya. (uma)

Laporan Wartawan Tribun Timur @umhaconcit

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Dapatkan news video terbaru di kanal YouTube Tribun Timur:

Follow juga akun Instagram tribun-timur.com:

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved