Layanan BPJS RSU Arifin Nu'mang Rappang Sidrap Dihentikan

Hal tersebut karena berakhirnya masa akreditasi RSU Arifin Nu'mang pada 29 Mei 2019, sehingga berdampak pada layanan BPJS itu sendiri.

Layanan BPJS RSU Arifin Nu'mang Rappang Sidrap Dihentikan
Gusnadi/Tribun Sidrap
Pihak terkait menggelar rapat di ruang kerja Sekretaris Daerah Sidrap, Sudirman Bungin 

TRIBUNSIDRAP.COM, PANCA R IJANG -  Pemberhentian sementara layanan BPJS di RSU Arifin Nu'mang Rappang, Kabupaten Sidrap dimulai pada 30 Mei 2019 mendatang.

Hal tersebut disebabkan  berakhirnya masa akreditasi RSU Arifin Nu'mang pada 29 Mei 2019. Sehingga berdampak pada layanan BPJS itu sendiri.

Penjelasan ini disampaikan pada rapat antar pemangku kepentingan di ruang kerja Sekretaris Daerah Sidrap, Sudirman Bungin, Selasa (21/5/2019).

Direktur Utama RSU Arifin Nu'mang, dr H Budi Santoso,menjelaskan, pada 6 Mei 2019, RSU Arifin Nu'mang telah bersurat ke Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk permohonan survei.

Kolak Pisang Jadi Menu Favorit Aty Kodong di Saat Buka Puasa

Empat Anak Dibawah Umur Menikah di Tenda Pengungsian Palu, Ini Penyebabnya

"Namun belum mendapatkan jadwal akreditasi dari KARS. Rencana survei bisa dilakukan sekitar awal juli 2019," Terangnya.

Sementara Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sidrap, dr H Andi Irwansyah menerangkan dasar regulasinya.

Hal tersebut tertuang dalam Permenkes RI Nomor 99 tahun 2015 tentang perubahan atas Permenkes RI Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesahatan Nasional.

"Bahwa aturan mengamanatkan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan di tahun 2019, harus sudah memiliki sertifikat akreditasi," katanya.

Berdasarkan hal tersebut,  layanan BPJS Kesehatan di RSU Arifin Nu'mang Rappang Sidrap ditunda untuk sementara, hingga akreditasi telah diaktifkan kembali.

Kemudian Pemkab Sidrap diwakili oleh Sekretaris Daerah, Sudirman Bungi  mengatakan,  terpenting adalah solusi agar layanan kesehatan kepada masyarakat tetap berjalan.

Halaman
12
Penulis: Gusnadi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved