Kepala Dinkes Pinrang Imbau Warga Waspada Cacar Monyet, Ini Penyebabnya

Walaupun belum ada kasus yang ditengarai sebagai tanda penyebaran cacar monyet di Kabupaten Pinrang, namun Dyah tetap meminta kepada masyarakat.

Kepala Dinkes Pinrang Imbau Warga Waspada Cacar Monyet, Ini Penyebabnya
Kominfo Pinrang
Pamplet informasi soal cacar monyet 

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg Dyah Puspita Dewi, menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran cacar monyet.

Walaupun belum ada kasus yang ditengarai sebagai tanda penyebaran cacar monyet di Kabupaten Pinrang, namun Dyah tetap meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai penularan penyakit ini.

1 Lagi Petugas KPPS Gowa Meninggal, Polisi Ikut Antar Jenazah

Trend Hijab Expo Diikuti Artis, 100 Exhibitor Jualan di Claro Hotel

"Penyakit ini patut diwaspadai karena media penyebarannya merupakan hewan yang sering ditemui yakni tikus, dan primata seperti kera," kata Dyah, Kamis (16/5/2019).

Ia menyebutkan, penyakit dengan nama ilmiah monkeypox ini menulari manusia dengan median darah, dan cairan tubuh hewan yang terjangkiti.

"Saat ini, penyebaran penyakit ini telah sampai ke negara tetangga yakni Singapura," jelas Dyah.

Ia pun meminta kepada masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih, dan sehat guna mengurangi potensi penyakit ini menular kepada manusia, terutama yang sering melakukan kontak dengan hewan yang berpotensi menjadi wadah penyebaran penyakit ini.

“Belum ada kasus, tetapi tetap harus diwaspadai” pungkas Dyah.

Ia menambahkan, masyarakat yang mengalami kondisi kegawatdaruratan dapat melakukan sambungan telepon dengan nomor 119 dan langsung di terima oleh operator PSC 119 Pinrang untuk dilakukan tindakan.

Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah Kanwil Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan, Dadang Suhendi pasca membahas masalah Bendungan Passeloreng di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu (15/5/2019) kemarin.
Bupati Wajo, Amran Mahmud dan Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah Kanwil Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan, Dadang Suhendi pasca membahas masalah Bendungan Passeloreng di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Rabu (15/5/2019) kemarin. (Hardiansyah/Tribun Timur)

“PSC 119 Pinrang sudah teregister di Kemenkes karena upaya selama ini telah diakui, masyarakat bisa menghubungi 119 jika ada kondisi kegawat daruratan dan panggilan ini bebas biaya," tutupnya. (TribunPinrang.com)

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved