OPINI

OPINI - Literasi untuk ‘Kampus’ Peradaban

Penulis adalah Peraih Anugerah Literasi UIN Alauddin Makassar/Bergiat di FLP UINAM

OPINI - Literasi untuk ‘Kampus’ Peradaban
tribun timur
Kabid Media dan Komunikasi PK IMM Ushuluddin UIN Alauddin Makassar, Cabang Gowa

Oleh:
Muhammad Musmulyadi
Peraih Anugerah Literasi UIN Alauddin Makassar/Bergiat di FLP UINAM

Untuk pertama kalinya UIN Alauddin Makassar (UINAM) menggelar kegiatan yang patut di dukung dan diapresiasi keberadaannya.

Festival dan Anugerah Literasi (Al A’la) resmi diadakan dengan mengusung tema “Literasi untuk Peradaban” yang bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional, pada 2-3 Mei 2019.

Kegiatan ini membawa angin segar bagi kehidupan literasi di Kampus UINAM.

Ini merupakan panggungbesar bagi mahasiswa sekaligus sebagai wadah apresiasi kepada penulis mahasiswa yang telah memiliki karya, baik itu berupa buku, jurnal maupun tulisan yang telah diterbitkan di media (cetak/online).

Kemudian diseleksi dan pada akhirnya terpilih 45 mahasiswa untuk diberikan anugerah literasi.

Dari 45 yang terpilih selanjutnya kembali dipilah-pilih 5 mahasiswa yang kemudiaan diberikan kesempatan untuk menjadi pembicara dalam sesi ‘temu penulis’ (02/05/2019), untuk berbagai mengenai beberapa hal; pengalaman menulis, proses pembuatan tulisan, serta juga motivasi untuk teman-teman mahasiswa, saya juga sebagai salah satu dari 5 mahasiswa yang terpilih berharap bisa memberikan semangat dan motivasi kepada teman-teman mahasiswa lainnya untuk turut serta berkarya.

Puncaknya, akan dipilih dua duta literasi UINAM. Semoga ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Baca: Hari ke-10 Ramadan, Politekpar Negeri Makassar Gelar Buka Puasa Bersama

Setidak-tidaknya kegiatan ini hadir untuk kembali membakar semangat mahasiswa untuksenantiasa melahirkan tulisan-tulisannya lagi—walaupun ada ungkapan bahwa menulis tak mesti menunggu apresiasi.

Ditambah kegiatan ini akan membakar semangat memotivasi mahasiswa lainnya untuk turut serta berkarya dan nilai terakhirnya adalah memupuk semangat literasi di kampus yang memiliki julukan Kampus Peradaban.

Halaman
1234
Editor: Aldy
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved