Makassar New Port Mulai Beroperasi Penuh

Terhitung sudah lebih dari 50 kapal yang sandar di dermaga MNP untuk melakukan bongkar muat barang.

Makassar New Port Mulai Beroperasi Penuh
abdiwan/tribuntimur.com
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang memberikan penjelasan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi , Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdulah, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Victor Vikki Subroto, dan Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar Rahmatullah saat meninjau Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3/19). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Makassar New Port (MNP) batal diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan Senin (1/4/2019) lalu.

Proyek prestise yang dibangun PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dan digadang-gadang sebagai proyek pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) itu batal diresmikan presiden dikarenakan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kemarin beliau (Jokowi) tidak bisa resmikan karena sudah cuti dan tidak bisa ada peresmian saat kampanye,” kata Dirut Pelindo IV, Farid Padang saat dikonfirmasi tribun-timur.com, Selasa (2/4/2019).

Baca: Jokowi Batal Resmikam MNP, Farid Padang: Presiden Cuti, Tidak Bisa Meresmikan

Baca: BI Longgarkan Likuiditas, Bank Tak Ubah Target

Sehari sebelum dijadwalkan melakukan peresmian, Jokowi mengaku bangga dengan pembangunan MNP yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di KTI.

Apalagi mega proyek ini murni dibangun oleh anak bangsa dan sepenuhnya dilakukan oleh PT Pelindo IV.

Meski batal diresmikan, Farid mengaku sudah mendapat arahan dari Presiden untuk pengoperasian MNP. “Karena sudah izin keluar dari Dirjen Perhubungan Laut untuk operasi penuh,” ujarnya.

Mega proyek ini sudah di soft launching pada 2 November 2018. Sejak itu, peminat MNP sudah cukup banyak.

Baca: Teriak Hidup Prabowo, Kalah Jokowi Pria ini Tewas Dipukul Usai Nonton Tinju Bersama Pelaku

Baca: Dirut Pelindo IV Terpilih CEO Talent Development Terbaik Anugerah BUMN 2019

Terhitung sudah lebih dari 50 kapal yang sandar di dermaga MNP untuk melakukan bongkar muat barang sejak soft launching lalu hingga proyek ini akan diresmikan.

Selain memperlancar arus bongkar muat barang di Pelabuhan Makassar yang eksisting, kehadiran MNP yang dibangun secara bertahap dan menelan investasi sekitar Rp 1,8 triliun ini juga untuk membuka jalur direct call dan direct export ke luar negeri.

Realisasi Fisik Tahap I 95%

Hingga 31 Maret 2019, realisasi fisik pembangunan Makassar New Port (MNP) Tahap I realisasi agregate-nya sudah mencapai 95,70%.

Dengan rincian, Tahap 1 Paket A progressnya sudah 100%, Paket B mencapai 96,24%, dan Paket C sudah 85,90%.

Baca: Launcing Aplikasi Link Aja, PT Pelindo IV Gandeng Tiga Bank BUMN dan Donor Darah

Baca: Tinjau MNP, Menteri Perhubungan Minta Pelindo IV Persingkat Waktu Antrean

Farid menuturkan saat ini di Tahap I Paket B sedang dilakukan pekerjaan revetment, pengecoran jalur RTGC, pekerjaan perkerasan paving block dan rigid serta pengerukan.

Sedangkan di Paket C sedang dilakukan finishing top layer. “Dalam minggu ini kami target pekerjaan finishing dan perapian untuk Tahap I A sudah selesai,” ujarnya.(*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved