Asa Merajut Listrik hingga ke Pelosok

SPV Mapping Area Pinrang Aprizal Arif A, bangun lebih pagi dari biasanya karena tugasnya pada hari itu akan terasa sangat panjang.

Asa Merajut Listrik hingga ke Pelosok
Dok PLN
Asa Merajut Listrik hingga ke Pelosok 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pagi itu terasa berbeda, SPV Mapping Area Pinrang Aprizal Arif A, bangun lebih pagi dari biasanya karena tugasnya pada hari itu akan terasa sangat panjang.

Setelah sholat subuh dan meminum secangkir teh, Ical (26 tahun) panggilan akrabnya, mengenakan rompi dan membawa sebuah helm safety untuk berangkat ke lapangan.

Setelah seluruh perlengkapan dan perbekalan siap, Ical bergegas untuk bertolak ke lokasi desa yang jaraknya cukup jauh dari Kabupaten Pinrang.

Asa Merajut Listrik hingga ke Pelosok
Asa Merajut Listrik hingga ke Pelosok (Dok PLN)

Sebagai petugas lapangan dan amanah yang diemban untuk melistriki salah satu desa terpelosok, Ical bersama rekan-rekan kerjanya menjalankan sebuah amanah yaitu membangun infrastruktur ketenagalistrikan di Dusun Bonne, Desa Ulusaddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Proses pekerjaan diawali dengan mobilisasi tiang untuk dipancang di Dusun Bonne.

Bukan jalan mulus yang dilalui, tetapi rute ke dermaga Salimbongan dengan mendaki yang ditempuh selama 1,5 jam dari Kabupaten Pinrang lalu kemudian menyebrang menggunakan perahu kayu selama 45 menit ke Dusun Bonne.

Asa Merajut Listrik hingga ke Pelosok
Asa Merajut Listrik hingga ke Pelosok (Dok PLN)

Perjalanan ke dermaga Salimbongan sendiri terbilang cukup berat karena jalan mendaki dan berbatu apalagi saat musim hujan kendaraan roda empat cukup sulit untuk mencapai daerah tersebut.

Sesampainya di dermaga Salimbongan, Ical bersama petugas PLN dari Unit Pelayangan Pelanggan Pinrang beserta masyarakat di lapangan bergegas mengangkut tiang seberat 400 kilogram untuk dimuat di dalam perahu kayu kecil dengan kapasitas dua orang.

Satu buah perahu hanya bisa memuat 1 tiang dan 2 orang.

Dikarenakan musim hujan, memang untuk memobilisasi tiang harus menggunakan perahu kayu untuk dimuat menyeberang Sungai Saddang.

Halaman
12
Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved