TPKAD Makassar Dikukuhkan, OJK Harap Masyarakat Melek Keuangan

Makassar merupakan kota yang ke-8 di Sulsel yang memiliki TPKAD, sementara jumlah. secara nasional sebanyak 88 TPKAD yang tersebar di 32 provinsi.

TPKAD Makassar Dikukuhkan, OJK Harap Masyarakat Melek Keuangan
Fahrizal/Tribun Timur
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kota Makassar, di ruang Galeri Sombere, Balikota Makassar, Kamis (27/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kota Makassar, di ruang Galeri Sombere, Balaikota Makassar, Kamis (27/3/2019).

TPKAD adalah forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah, dan mendorong pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahterah.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK RI Tirta Segara, berharap dengan adanya TPKAD Kota Makassar, masyarakat dapat melek keuangan, dan juga mampu mencapai target inklusi keuangan sebesar 75 persen di akhir tahun.

"Kita harap, kalau ada TPKAD masyarakat dapat lebih melek keuangan atau tingkat literasinya makin tinggi, juga bisa inklusi keuangannya makin tinggi, bisa mencapai target nasional 75 persen di akhir tahun ini," kata dia.

Ia menjelaskan, Makassar merupakan kota yang ke-8 di Sulsel yang memiliki TPKAD, sementara jumlah. secara nasional sebanyak 88 TPKAD yang tersebar di 32 provinsi dan 54 kabupaten kota.

"Kita akan kembangkan terus. Kabupaten kota akan kita dorong untuk segera dibuka, karena ini bisa mendorong percepatan akses keuangan atau pembiayaan bagi usaha mikro maupun UMKM di wilayah itu," jelasnya.

Menurut Tirta, pemda adalah pihak yang paling mengetahui situasi lokal, seeprti kondisi UMKM, usaha/produk yang menjadi unggulan, sehingga TPKAD akan melihat ini dan menjadikannya sebagai produk yang layak dibiayai.

"Kalau menggunakan inovasi pemasaran online, bisa langsung dijual di luar daerah. Jadi akses keuangan tidak sekadar mencarikan pembiayaan tapi lebih dari itu, juga bisa membantu penjualan bisa keluar dengan menggunakan teknologi digital," pungkasnya. (tribun-timur.com)

Laporan Wartawan tribun-timur.com @Fahrizal_syam

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved