2019, Bapenda Sulsel Ditarget Kumpulkan Rp 1,278 T PKB

Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan mengatakan, pembayaran PKB di Indomaret ini melengkapi layanan unggulan yang dibuat Bapenda Sulsel

2019, Bapenda Sulsel Ditarget Kumpulkan Rp 1,278 T PKB
fadly/tribun-timur.com
Suasana launching bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Indomaret Boulevard, Senin (11/3/2019) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel memikul tugas berat.

Pascasukses menggapai realisasi Pajak Asli Daerah Rp 3.462.175.609.499 dari target pajak daerah target Rp 3.462.102.500.000 atau naik Rp 73 juta.

Target Bapenda kini lebih besar.

Asisten Bidang Pemerintahan Salim AR di sela peresmian bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Indomaret Boulevard, Senin (11/3/2019) menuturkan, pada 2019 pajak daerah, termasuk PKB, ditargetkan sebesar Rp 3,6 triliun lebih atau 89 persen dari total pendapatan asli daerah (PAD) yang ditargetkan sebesar Rp 4,133 triliun lebih.

“Dari seluruh jenis pajak, PKB memberi kontribusi terbesar dengan jumlah Rp 1,278 triliun lebih atau 35 persen dari total pajak daerah,” kata Salim.

Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan mengatakan, pembayaran PKB di Indomaret ini melengkapi layanan unggulan yang dibuat Bapenda Sulsel untuk memudahkan masyarakat Sulsel membayar pajak kendaraan antara lain samsat link, gerai samsat, e-payment, samsat keliling, drive thru, delivery order, melalui ATM, EDC, mobile banking, dan masih banyak lagi.

Denny menambahkan, pembayaran PKB tidak saja berhenti pada Indomaret namun akan dikembangkan ke minimarket lainnya yang tersebar di Sulsel.

"Wajib pajak harus mendownload aplikasi e-samsat di playstore atau app store untuk mendapatkan kode tranksaksi sebelum ke Indomaret," kata Denny pada launching pembayaran PKB di Indomaret Boulevard, Senin (11/3/2019).

Ia menjelaskan, aplikasi e-samsat Sulsel dapat diunduh di play store dan app store. Lalu masukan data yang diminta seperti nomor kendaraan, NIK, email, nomor HP, dan nomor rangka untuk mendapatkan kode bayar.

Kode bayar inilah yang dibawa ke Indomaret untuk melakukan PKB. Selanjutnya masyarakat diberi waktu dua minggu ke samsat terdekat untuk mendapatkan notice pajak dan pengesahan STNK.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved