Semen Tonasa Beri Kesempatan Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Ikut Program Magang! Kampus Apa Saja?

Semen Tonasa Beri Kesempatan Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Ikut Program Magang! Kampus Apa Saja?

Semen Tonasa Beri Kesempatan Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Ikut Program Magang! Kampus Apa Saja?
dok humas pt semen tonasa
GM of Human Capital and General PT Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, menggandeng sembilan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Kota Makassar untuk pelaksanaan program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB).

Program magang di perusahaan tambang semen di Kabupaten Pangkep tersebut merupakan program unggulan dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang bekerjasama Kementrian Badan Usaha Milik Negera Republik Indonesia (BUMN RI).

GM of Human Capital and General PT Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer, mengatakan, saat ini sudah berlangsung PMMB Batch 1 yang diikuti oleh 19 orang mahasiswa dari kampus Universitas Hasanuddin (Unhas).

Baca: Rektor Universitas Megarezky Pantau KKN Terpadu di Minasetene Pangkep! Ini Pesan Prof Rusli Ngatimin

Baca: Persyaratan dan Cara Daftar Pendamping Sosial PKH 2019: Daftar di Link ssdm.pkh.kemsos.go.id

"Kebetulan Unhas telah menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT Semen Tonasa sejak Desember 2018 lalu," kata Abdul Rachmat Noer dalam rilis ke Tribun Timur, Rabu (6/3/2019).

"Dan Insya Allah, pada hari Senin (11/3/2019) mendatang akan dilakukan penandatanganan kerja sama dengan delapan perguruan tinggi lainnya," jelas Abdul Rachmat Noer.

Kedelapan kampus yang akan meneken kerja sama tersebut adalah Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri atau UIN Alauddin, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Lalu ada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN), Politeknik ATIM, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Unismuh Makassar dan Universitas Fajar (Unifa).

Magang Bersertifikat

"Penandatanganan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) untuk Batch selanjutnya itu akan dilangsungkan di Kantor Pusat di Kabupaten Pangkep," jelas Abdul Rachmat Noer.

Rachmat menjelaskan, pada program magang bersertifikat tersebut, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk magang di BUMN dalam hal ini PT Semen Tonasa di Pangkep.

Baca: Mahasiswa Teknik Kimia FTI UMI Kunjungan Industri di PT Semen Tonasa

Baca: Semen Tonasa Target Produksi 7 Juta Ton di 2019, Ternyata Ekspor ke Cina Juga

"Waktunya berlangsung selama 6 bulan. Mahasiswa peserta magang akan menempati posisi selayaknya seorang karyawan di beberapa unit kerja," jelasnya.

"Mereka akan menjalankan tugas sebagaimana karyawan kami. Dan mereka akan menerima honorarium sebesar yang telah ditetapkan perusahaan," jelas Rachmat yang juga Ketua Forum Human Capital Sulsel.

GM of Human Capital and General PT Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer
GM of Human Capital and General PT Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer (dok humas pt semen tonasa)

Menurut Rachmat, ada beberapa posisi kosong di perusahaan PT Semen Tonasa yang nantinya akan ditawarkan ke pihak kampus khususnya peserta PMMB.

"Namun proses magang itu sendiri diawali seleksi di internal kampus masing-masing. Kita menerima dari mahasiswa yang memiliki kemampuan terbaik," ujarnya.

Nama-nama yang lulus seleksi kemudian diusulkan ke PT Semen Tonasa untuk selanjutnya dipilih sebagai peserta magang. (*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved