Gubernur Sulteng Pimpin Upacara HUT ke-47 Basarnas di Kota Palu

Peserta upacara juga terdiri dari anggota Basarnas Palu, anggota TNI, kepolisian, Dinas Perhubungan, dan sejumlah organisasi/lembaga mitra

Gubernur Sulteng Pimpin Upacara HUT ke-47 Basarnas di Kota Palu
TRIBUNPALU.COM Muhakir Tamrin
Gubernur Sulteng H Longki Djanggola, saat inspeksi pasukan pada puncak peringatan HUT ke-47 Basarnas di Kota Palu, Kamis (28/2/2019). 

TRIBUNPALU.COM, PALU -- Gubernur Provinsi Sulteng H Longki Djanggola, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada puncak peringatan HUT ke-47 Basarnas di Kota Palu, Kamis (28/2/2019).

Peserta upacara juga terdiri dari anggota Basarnas Palu, anggota TNI, kepolisian, Dinas Perhubungan, dan sejumlah organisasi/lembaga mitra Basarnas.

Saat membacakan sambutan tertulis Kepala Basarnas RI, Gubernur Longki mengatakan, Basarnas saat ini sudah menjadi institusi pencarian, pertolongan, penyelamatan.

Baca: Penemuan Mayat Perempuan di Pantai Talise, Kapolres Palu: Dugaan Sementara Korban Tsunami

Serta institusi evakuasi pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia.

"Reputasi itu harus dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan visi dan misi yang ditetapkan dalam rencana strategis Basarnas," ungkapnya.

Selain kendaraan taktis milik Basarnas, kendaraan taktis milik Polri dan Pemadam Kebakaran juga ditampilkan dalam upacara tersebut. Lengkap dengan operator kendaraannya.

Dalam melaksanakan tugasnya, lanjut Longki, Basarnas tidak bisa bekerja sendirian. Operasi tim SAR adalah kerja tim.

Sebagai leading sector, Basarnas mengordinir keterlibatan seluruh potensi SAR. Baik unsur TNI, Polri, instansi pemerintah, swasta, maupun stakeholder bidang SAR.

"Komunikasi, koordinasi, dan kerja sama dengan pitensi SAR itu telah menghasilkan kinerja yang luar biasa," tambahnya.

Di mana tim SAR, mampu menyelesaikan operasi SAR pada kecelakaan bidang pelayaran, penerbangan, bencana dan kondisi membahayakan manusia yang terjadi di sejumlah tempat.

"Dengan pola pikir yang sama, operasi SAR dapat dilaksanakan secara optimal dengan hasil yang maksimal," tandasnya. (tribunpalu.com/Muhakir Tamrin)

 Baca: 300.821 Siswa Dipastikan Tak Lulus SNMPTN 2019, Jangan Lupa Daftar UTBK Jika Ingin Ikut SBMPTN 2019

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

 

Follow juga akun instagram tribun-timur.com:

Penulis: Muhakir
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved