Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Ini Sejarah Monumen Mandala di Kota Makassar

Monumen Mandala merupakan menara yang menjulang setinggi 75 meter di pusat Kota Makassar.

TRIBUNWIKI: Ini Sejarah Monumen Mandala di Kota Makassar
Tribun/Diwan
Monumen Mandala Makassar 

 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kota Makassar memiliki berbagai objek wisata dan kuliner yang menjadi incaran beberapa orang. Sehingga kota ini menjadi target liburan beberapa wisatawan lokal maupun mancanegara.

Seperti Monumen yang berlokasi di Jl Jenderal Sudirman salah satu yang dijadikan tempat wisata bersejarah. Lokasinya hanya 200 meter sebelah selatan titik nol kilometer Kota Makassar, Lapangan Karebosi. Bersebelahan dengan Gedung Balai Prajurit Jenderal M Yusuf.

Monumen Mandala merupakan bangunan atau tempat yang memiliki nilai sejarah yang penting.

Dilansir dari panduanwisata.id Monumen Mandala dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996. Pembangunan dengan tujuan untuk mengenang jasa pahlawan dalam pembebaskan Irian Barat dari tangan para penjajah sekaligus hadiah atas jasa mantan Presiden Indonesia yang ke-2 yaitu Soeharto.

Mantan presiden kedua Indonesia itu juga merupakan Panglima Komando Mandala yang berperan penting dalam mengatur strategi untuk membebaskan Irian Barat. Seperti diketahui, kendati sudah memproklamirkan kemerdekaan hampir 20 tahun namun Belanda masih menguasai wilayah Irian Barat. Sejak operasi pembebasan berhasil, Irian Barat pun kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

Monumen Mandala merupakan menara yang menjulang setinggi 75 meter di pusat Kota Makassar.

Empat Lantai

Monumen Mandalaterdiri dari empat lantai.

1. Di lantai satu terdapat diorama relief dan replika pakaian dan perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad XVII.

2. Sedangkan di lantai dua terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat.

Halaman
123
Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved