Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Sejarah Berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam

Himpunan Mahasiswa Islam merupakan organisasi mahasiswa yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama islam.

TRIBUNWIKI: Sejarah Berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam
HMI Cabang Malang
Sejarah Berdirinya HMI dan Daftar Ketua Umum 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Desi Triana Aswan

TRIBUNTIMUR.COM, MAKASSAR- Himpunan Mahasiswa Islam merupakan organisasi mahasiswa yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama islam.

Sampai sekarang HMI masih terus eksis mengibarkan bendera dengan lambang bulan bintang yang didasar dengan warna hijau hitam.

Di setiap kampus, HMI memiliki kader-kadernya. Merubah pola pikir para mahasiswa dan mengetahui arti pentingnya berorganisasi, kemahasiswaan, pengkaderan dan juga tentang perjuangan.

Awal Lahirnya

Dilansir dari wikipedia, sebelum lahirnya Himpunan Mahasiswa Islam, terlebih dulu berdiri organisasi kemahasiswaan bernama Perserikatan Mahasiswa Yogyakarta (PMY) pada tahun 1946 yang beranggotakan mahasiswa dari tiga Perguruan Tinggi di Yogyakarta, yaitu Sekolah Tinggi Teknik (STT), Sekolah Tinggi Islam (STI) dan Balai Perguruan Tinggi Gajah Mada yang pada waktu itu hanya memiliki Fakultas Hukum dan Fakultas Sastra.

Namun, Persyerikatan Mahasiswa Yogyakarta dirasa tidak memperhatikan kepentingan para mahasiswa yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai agama Islam.

Tidak tersalurnya aspirasi keagamaan merupakan alasan kuat bagi para mahasiswa Islam untuk mendirikan organisasi kemahasiswaan yang berdiri dan terpisah dari Persyerikatan Mahasiswa Yogyakarta.

Suasana Politik

Pada tahun 1946, suasana politik di Indonesia khususnya di Ibukota Yogyakarta mengalami polarisasi antara pihak pemerintah yang dipelopori oleh Partai Sosialis, pimpinan Syahrir - Amir Syarifuddin dan pihak oposisi yang dipelopori oleh Masyumi, pimpinan Soekiman - Wali Al-Fatah dan PNI, pimpinan Mangunsarkoro - Suyono Hadinoto serta Persatuan Pernyangannya Tan Malaka.

Halaman
1234
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved