BMKG; Kenapa Angin Selat Makassar di Malam Tahun Baru 2019 Bisa Capai 45 km/ Jam?

Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Selatan di malam pergantian Tahun Baru 2019, Senin (31/12/2018) hingga Selasa (1/1/2018).

BMKG; Kenapa Angin Selat Makassar di Malam Tahun Baru 2019 Bisa Capai 45 km/ Jam?
Sanovra/tribun-timur
Mendung disertai angin cukup kencang, tak mengganggu keseriusan pekerja mengecat patung kuda yang akan mempercantik mega proyek CPI. 

PANGKAJENE, TRIBUN-TIMUR.COM --  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, kembali melansir Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Selatan di malam pergantian Tahun Baru 2019, Senin (31/12/2018) hingga Selasa (1/1/2018).

Warga diingatkan untuk mengurangi aktivitas outdoor atau luar ruang di malam, dini hari, hingga siang hari.

Angin kencang dengan kecepatan hingga 45 km / jam diperikarakan bertiup dari arah barat Selat Makassar.

Baca: Cuaca Ekstrem, Dinas PUPR Gowa Gempur Genangan Air di Somba Opu

Baca: Nurdin Abdullah Prediksi Cuaca Ekstrem di Sulsel Berlangsung hingga Januari 2019

Perkiraan otoritas cuaca ini benar adanya. Di wilayah Pangkep, Maros, Barru dan Gowa, Minggu (30/12/2018) sekitar pukul 04.00 wita hingga pukul 04.20 wita, angin barat bertiup keras.

Dari pantauan Tribun di bantaran Sungai Pangkajene, Pangkep, sekitar 53 km utara Makassar, atau sekitar 1,2 km dari garis pantai Selat Makassar, angin kencang ini merubuhkan beberapa ranting pohon.

Pohon berukurang cukup besar tumbang di Jl Emmy Saelan, Kecamatan Ujungpandang, Makassar, Rabu (26/12/2018). Pohon ini tumbang diduga diakibatkan karena hujan keras dan angin kencang.
Pohon berukurang cukup besar tumbang di Jl Emmy Saelan, Kecamatan Ujungpandang, Makassar, Rabu (26/12/2018). Pohon ini tumbang diduga diakibatkan karena hujan keras dan angin kencang. (MUH ABDIWAN)

Sejak Sabtu (29/12/2918), palrakirawan BMKG sudah melansir peringatan dini anomali cuaca di laman resminya, www.bmkg.co.id.

Rilis yang otorisasi oleh Deputi Bidang Meteorologi Drs. R. Mulyono R. Prabowo M.Sc ini menulis perngatan dini itu; 

"Peringatan Dini Sulawesi Selatan Tgl. 30 Des 2018 Pkl. 04:40 WITA.* Masih berpotensi Hujan sedang - Lebat disertai Angin Kencang pada Pkl. 05:10 WITA. di wilayah *Kota/Kab.* *Gowa, Pangkajene, Barru, Maros*, *dan dapat meluas* ke wilayah *Kota/Kab.* *Takalar, Makassar, Jeneponto*. Kondisi ini diperkirakan dapat terjadi hingga Pkl. 07:10 WITA." 

Demikian bunyi peringatan dini yang diterima Tribun dari BMKG Makassar, pagi ini.

Baca: VIDEO: Cuaca Ekstrem Masih Landa Makassar, Ini Penjelasan BMKG

Baca: Cuaca Ekstrem Masih Landa Makassar dan Pesisir Barat Sulsel Hingga Besok

BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang dalam beberapa hari kedepan, terutama untuk wilayah-wilayah yang telah mendapat hujan berintensitas tinggi.

Halaman
12
Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Thamzil Thahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved