Kemendagri Setujui Lelang Jabatan Sekda Sulsel

Setelah persetujuan pelaksanaan lelang jabatan Sekda melalui SK Mendagri RI, rupanya Gubernur Sulsel kata Soni, lebih mendahulukan

Kemendagri Setujui Lelang Jabatan Sekda Sulsel
Foto: Dirjen Otoda
Surat SK persetujuan pelaksanaan lelang jabatan Sekda Sulsel dari Mendagri RI.

Laporan wartawan Tribun-Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Kementerian Dalam Negeri RI melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otoda) telah mengeluarkan surat persetujuan pelaksanaan lelang jabatan Sekda Sulsel yang kini sedang lowong.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Otoda Kemendagri RI Sumarsono, saat ditemui di kawasan pecinan, Jl Lembeh, kota Makassar, Minggu (18/11).

"Kita telah keluarkan surat per 8 Oktober 2018 kemarin, tapi soal pelaksanaan itu tergantung dari Gubernur," ujar Soni sapaan Sumarsono.

Setelah persetujuan pelaksanaan lelang jabatan Sekda melalui SK Mendagri RI, rupanya Gubernur Sulsel kata Soni, lebih mendahulukan melakukan fit and proper test untuk eselon II, dari pada melakukan Sekda.

Meski begitu, SK Kemendagri atas pelaksanaan lelang jabatan itu tidak kadaluarsa.

"Ini salah satu kebijakan atau proses administrasi. Pelaksanaan terserah mereka, tidak masalah kok yang jelas sudah mengantongi izin," ujar Soni, mantan Pj Gubernur Sulsel.

Salah satu syarat, pelaksanan lelang terbentuknya panita seleksi yang berasal dari eselon 1 Kemendagri RI, pejabat teras Pemprov Sulsel, Akademisi, dan lembaga Independent.

Untuk perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Mendagri kata Soni, telah mengusulkan satu nama yang mewakili eselon 1 Kemendagri RI.

Dia adalah Staf Ahli Bagian Keuangan Mendagri RI, Hamdani.

* SK Presiden

Bagaimana jika lelang diadakan Desember 2018 ?

Dijelaskan Soni, paling cepat pelaksanaan seleksi Sekda itu memakan waktu sampai 2 atau 3 pekan.

Setelah selesai tahapan, masuklah di proses terakhir yaitu digelar penilaian oleh tim ahli Presiden RI.

"Kalau toh diadakan Desember nanti, ya paling cepat Januari akhir atau Februari sudah ada Sekda definitif. Tapi kembali lagi bolanya kepada Pak NA kapan akan star," kata Soni.

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved