NA: Sulsel Bukan Saingan Jawa, Tapi MNP Bisa Mengubahnya

Dia berharap, acara ini menjadi momen kebangkitan langkah nyata kita semua untuk lebih mengakselerasi terwujudnya

NA: Sulsel Bukan Saingan Jawa, Tapi MNP Bisa Mengubahnya
hasrul/tribuntimur.com
Proyek Strategis Nasional (PSN) Makassar New Port Tahap I akhirnya dilaunching. Total anggaran yang telah diserap di angka Rp 2,51 triliun. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Proyek Strategis Nasional (PSN) Makassar New Port Tahap I akhirnya di launching. Total anggaran yang telah diserap di angka Rp 2,51 triliun.

Hadir meresmikan, Gubenur Sulsel Nurdin Abdullah, Dirut Pelindo IV Farid Padang, Kodam XIV/Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Muspida, pimpinan stakeholder terkait di Jl Sultan Abdullah Raya, Buloa Tallo Makassar, Jumat (2/11/2018).

NA dalam sambutannya menuturkan, PT Pelindo IV sebagai BUMN yang memiliki wilayah operasi di KTI dan bergerak di bidang usaha kepelabuhanan, saat ini sedang melakukan upaya untuk memperlancar jalur distribusi serta membantu memangkas biaya dan waktu.

“Di antaranya adalah pembangunan MNP yang menjadi proyek prestisius bagi perusahaan dan akan menjadi wajah baru PT Pelabuhan Indonesia IV pada tahun mendatang,” katanya.

Ada dua agenda besar yang akan kita saksikan, pertama soft launching Makassar New Port tahap 1 yang semula direncanakan selesai pada 2022. Kedua adalah ekspor direct call perdana rute Makassar – Eropa – Amerika.

Dia berharap, acara ini menjadi momen kebangkitan langkah nyata kita semua untuk lebih mengakselerasi terwujudnya kesejahteraan ekonomi masyarakat dan pembangunan wilayah Indonesia.

"Sulsel bukan saingan Jawa. Namun ini adalah eranya timur, MNP ini akan jadi langkah awal pertumbuhan ekonomi kita mendapatkan investasi," ujarnya.

Dia mengatakan, konsep yang dijalankan PT Pelindo IV, tentunya telah melalui kajian yang akan senantiasa disempurnakan untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk Negeri ini.

Oleh Karena itu, keterlibatan positif dari PT Pelabuhan Indonesia IV perlu dibarengi dengan dukungan para stakeholder, termasuk Pemerintah Daerah dan sinergi BUMN.

“Kolaborasi yang efektif dari semua pihak juga diharapkan mampu mewujudkan kelancaraan distribusi barang yang merata di seluruh Negeri, menciptakan harga yang stabil dan terjangkau, memenuhi kebutuhan serta menciptakan dan menaikkan daya beli masyarakat," katanya.

Ia berharap, PT Pelabuhan Indonesia IV dapat senantiasa aktif berkarya dan berinovasi terutama dalam membangun konektivitas pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia.

Penulis: Hasrul
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved