50 Persen Berkas Bakal Caleg Ditolak KPU Bone

Atto, sapaan Nasruddin menambahkan pihaknya bakal memutuskan apakah berkas tersebut memenuhi syarat atau tidak memenuhi

50 Persen Berkas Bakal Caleg Ditolak KPU Bone
justang/tribunbone.com
KPU Bone bersama Panwaslu Bone memeriksa sejumalah berkas bacaleg Bone di KPU Bone, Jl. Gatot Subroto, Senin (23/7/2018). 

Laporan Wartawan TribunBone.com Justang Muh.

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Sedikitnya 50 persen berkas dari 590 jumlah total Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Bone dikembalikan KPU Bone.

Komisioner KPU Bone Divisi Teknis Nasruddin Zaelany menuturkan berkas Bacaleg Bone dikembalikan untuk diperbaiki masing-masing partai politik(parpol).

Baca: Tak Satupun Bacaleg PKPI di Dapil Sulsel I

"Seluruh partai politik atau 14 parpol yang mengajukan bacalegnya, semuanya ada bacalegnya diberikan berkasnya kembali untuk diperbaiki," kata Nasruddin saat ditemui tribunbone.com di Kantor KPU Bone, Jl. Gatot Subroto, Kota Watampone, Senin (23/7/2018).

"Jumlahnya ada sekitar 50 persen berkas bacaleg yang diperbaiki, setiap parpol sekitar ada 10 bacalegnya, bahkan ada partai sampai 30 bacalegnya yang mengalami perbaikan," tambah Nasruddin.

Atto, sapaan Nasruddin menambahkan pihaknya bakal memutuskan apakah berkas tersebut memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat pada tanggal 31 Juli 2018.

Petugas KPU sulsel melakukan tahapan verifikasi administrasi terhadap daftar Bakal Calon Anggota DPRD Sulsel yang telah diajukan sejumlah Partai Politik di  kantor KPU sulsel , Jl Ap Pettarani, Makassar, Sabtu (21/7). Dari hasil verifikasi administrasi terhadap beberapa bacalon, tim verifikasi KPU Sulsel menemukan beberapa masalah. Salah satunya mengenai legalitas ijazah dan surat keterangan tidak pernah dipidana. Adapun hasil verifikasi administrasi bacaleg akan segera diserahkan kepada partai politik yang bersangkutan untuk dilakukan perbaikan.
Petugas KPU sulsel melakukan tahapan verifikasi administrasi terhadap daftar Bakal Calon Anggota DPRD Sulsel yang telah diajukan sejumlah Partai Politik di kantor KPU sulsel , Jl Ap Pettarani, Makassar, Sabtu (21/7). Dari hasil verifikasi administrasi terhadap beberapa bacalon, tim verifikasi KPU Sulsel menemukan beberapa masalah. Salah satunya mengenai legalitas ijazah dan surat keterangan tidak pernah dipidana. Adapun hasil verifikasi administrasi bacaleg akan segera diserahkan kepada partai politik yang bersangkutan untuk dilakukan perbaikan. (sanovra/tribuntimur.com)

"Bagi parpol yang bacalegnya tidak bisa memperbaiki hingga batas yang ditentukan, pada tanggal 31 Juli 2018, maka bacalegnya dinyatakan TMS(Tidak Memenuhi Syarat),"tegasnya.

Sebelumnya, 14 dari 16 Parpol mendaftarkan bacalegnya di Kabupaten Bone dalam Pemilu 2019 mendatang pada tanggal 17 Juli 2018 lalu untuk diverifikasi.

Penulis: Justang Muhammad
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved