Final Piala Dunia 2018

Pencarian Butir Terdalam

Saya akan menyaksikan laga final tak hanya sebagai politisi atau presiden, namun sebagai seorang fans sejati tim Kroasia.

Pencarian Butir Terdalam
Willy Kumurur 

oleh: Willy Kumurur

penikmat bola

DI DUNIA INI TAK ADA YANG ABADI. SEGALA SESUATU ADA AKHIRNYA. Tak terkecuali pesta bola dunia di Rusia: Piala Dunia 2018. Paragraf terakhir adalah final! Dan Sang Final itu telah tiba di Luzhniki Stadium – Moskwa. Sang Final itu hanya tersenyum dan mengajak dua tim untuk memainkan laga akhir: Kroasia dan Perancis.

Di panggung berwarna hijau itu, akan terjadi “pengadilan”; dalam mana Sang Final akan memberi kesempatan kepada masing-masing tim untuk menyampaikan “pledoi” nya sebelum ia menjatuhkan keputusannya atas siapa dari antara kedua tim yang sejatinya boleh masuk ke dalam kebahagiaan puncak. Namun, sebelum laga final berlangsung, ada yang berbahagia di kejauhan sana.

Dia adalah bekas pelatih timnas Kroasia di Piala Dunia 1998, Miroslav Blazevic, yang saat ini berusia 83 tahun. Dengan amat bangga ia berkata, “Aku bahagia karena muridku, Zlatko Dalic, melakukan hal yang lebih baik dari yang kulakukan. Dalic menciptakan atmosfer keluarga di squad Kroasia dan tidak setiap orang dapat melakukannya. Ia mengantarkan Kroasia ke final untuk pertama kali dalam sejarah.”

Siapa lagi yang berbahagia? Presiden Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarović, yang foto-foto dirinya menjadi viral di dunia maya. Ujarnya, "Saya sangat bersemangat. Apapun hasil dari laga di hari Minggu, saya percaya itu adalah kemenangan. Kitalah juaranya.”

Sebelum laga Kroasia vs Inggeris, Presiden Kolinda Grabar-Kitarovic menyerahkan jersey Kroasia kepada Perdana Menteri Inggeris. Jersey yang diserahkan itu bernomor punggung 10 dengan nama Theresa May. Grabar-Kitarovic berencana menyerahkan jersey Kroasia kepada Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Presiden Kroasia yang cantik ini akan hadir di Luzhniki Stadium. Katanya, "Saya akan menyaksikan laga final tak hanya sebagai politisi atau presiden…. Namun sebagai seorang fans sejati tim Kroasia... sebagai seseorang yang bermain bola semasa kanak-kanak.”

Kepolisian di Zagreb – Kroasia bekerja ekstra keras untuk memroses paspor bagi ribuan fans yang akan ke Rusia. Federasi Sepakbola Kroasia telah meminta FIFA menyediakan tiket ekstra namun saat ini tiket ekstra hanya tersedia di pasar gelap.

Pelatih Kroasia, Zlatco Dalic, pernah berkata, "Saya selalu mengatakan di berbagai kesempatan, berikan aku tim Real Madrid atau Barcelona dan aku akan memenangkan gelar.” Di tim yang diasuhnya sudah ada 2 gelandang terbaik dunia: Luca Modric dari Real Madrid dan Ivan Rakitic dari Barcelona. Selain Ivan Perisic dan Mario Mandžukić, ia masih punya Ante Rebic, sosok yang dikenal dengan dinamo Kroasia.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved