KPU Plenokan Hasil Rekapitulasi Suara Pilwali Makassar Besok

KPU masih sibuk merampungkan hasil rekapitulasi suara Pilwali Makassar dari kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

KPU Plenokan Hasil Rekapitulasi Suara Pilwali Makassar Besok
saldy/tribuntimur.com
Jalan di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Jl Perumnas Antang blok 1, Manggala, Makassar ditutup polisi dengan kawat berduri. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar belum merilis hasil rekapitulasi suara pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

KPU masih sibuk merampungkan hasil rekapitulasi suara Pilwali Makassar dari kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang masuk ke KPU Makassar.

Sesuai surat edaran KPU Makassar, nomor: 669/P.KWK/PL.03.6-Und/7371/ KPU-Kot/VII/2018, rapat rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota dilaksanakan pada Kamis (5/7/2018) besok.

Dalam surat itu, rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilwali 2018 digelar di Hotel MaxOne, Jl Taman Makam Pahlawan, Makassar pada pukul 10.00 wita.

Baca: Jelang Rekapitulasi Suara Tingkat Kota, Kantor KPU Makassar Ditutup Pakai Kawat Berduri

Setiap saksi pasangan calon hanya dapat menjadi saksi untuk satu pasangan calon. Demikan ketentuan dalam surat undangan KPU Makassar, Rabu (4/7/2018).

Selain itu, saksi juga wajib membawa dan menyerahkan undangan rapat serta mandat yang ditandatangani oleh paslon atau ketua tim kampanye kepada KPU Makassar.

Tak hanya itu, pasangan calon hanya dapat mengajukan paling banyak empat saksi dengan ketentuan dua orang sebagai peserta rapat hasil rekapitulasi suara.

Prihal undangan tersebut, Komisioner KPU Makassar Andi Syaifuddin berharap, seluruh pihak tidak melakukan pengklaiman sebelum KPU Makassar menetapkan hasil pilwali.

"Sampai hari ini belum ada pemenang pilwali karena kita masih merampungkannya," kata Syaifuddin, Rabu (4/7/2018).

Baca: Terindikasi Jadi Penggerak Kolom Kosong, Tim Appi-Cicu Warning Danny Pomanto

Terpisah, Komisioner KPU Provinsi Sulsel Muhammad, Asram Jaya, menjelaskan, hari ini KPU kabupaten/kota masih melakukan pra-rekapitulasi.

Kegiatan yang dilakukan, kata Asram, mengumpul semua dokumen, kotak suara, lalu melakukan pleno hari itu juga, namun jika tidak bisa hari itu bisa besok, batasnya kan hingga tanggal 6 Juli lusa.

"Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota untuk pilkada kabupaten/kota dimulai tanggal 4-6 Juli 2018," tegas Asram, Rabu (4/7/2018).(*)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved