2017, Pengadilan Agama Selayar Terima 162 Gugatan Cerai

Hal tersebut berdasarkan data laporan perceraian dari bulan Januari-Desember, yang diterima TribunSelayar.com, Kamis (19/4/2018).

nurwahidah
Pengadilan Agama Selayar 

Laporan Wartawan  TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG-Sedikitnya 162 laporan kasus perceraian yang diterima Pengadilan Agama Selayar selama tahun 2017.

Hal tersebut berdasarkan data laporan perceraian dari bulan Januari-Desember, yang diterima TribunSelayar.com, Kamis (19/4/2018).

Humas PA Selayar Agus Sanwani Arif  menuturkan, dari berbagai laporan tersebut, ada beberapa pemicu kasus perceraian di Selayar.

"Seperti suami tidak menafkahi istri dan suami selingkuh. Dari total keseluruhan, pengajuan cerai gugat menjadi kategori paling banyak,"ujarnya.

Cerai gugat merupakan gugatan perceraian diajukan oleh istri atau kuasanya pada Pengadilan Agama.

Sementara cerai talak adalah seorang suami yang menjatuhkan talak kepada istrinya atau mengajukan permohonan baik lisan maupun tertulis kepada Pengadilan Agama.

"Untuk bulan Januari 2017, tercatat cerai gugat berjumlah 133 laporan, sementara untuk pengajuan cerai talak, 29, dispensasi perkawinan 1 kasus, perwalian 1 kasus, pengangkatan anak 1 kasus, istbat nikah 24 kasus dan penetapan ahli waris 2 kasus,"tuturnya.(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved