Akmal Pasluddin: Sawah Wisata Salah Satu Upaya Menjaga Lahan

Salah satu usulan legislator Komisi IV bidang pertanian, pangan, perikanan dan kehutanan ini adalah nasionalisasi agrowisata

Akmal Pasluddin: Sawah Wisata Salah Satu Upaya Menjaga Lahan
Handover
Anggota DPR Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Anggota DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, memberikan gagasan kepada pemerintah pusat melalui kementerian pertanian untuk membuat program bermanfaat namun disukai oleh masyarakat dan membuat dampak pada pencapaian tujuan sesuai regulasi yang dibentuk.

Salah satu usulan legislator Komisi IV bidang pertanian, pangan, perikanan dan kehutanan ini adalah nasionalisasi agrowisata pada daerah persawahan.

"Gagasan untuk membuat area persawahan dan perkebunan menjadi daerah wisata ini sudah diimplementasi oleh beberapa kepala daerah seperti Magelang, Salatiga, Batu dan beberapa wilayah lain.

Ini sangat menarik karena dapat mengimplementasi undang-undang no 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan", ujar politisi PKS ini, Rabu (7/3/2018).

Akmal menambahkan, bahwa program agrowisata daerah persawahan dan perkebunan terutama daerah perkotaan sangat efektif untuk menekan laju konversi lahan.

Ia mencontohkan pada area sawah yang pasti memiliki pematang yang dimodifikasi sebagai jalur sepeda, akan memberikan nilai tambah pemilik lahan sawah sekaligus fasilitasi pencari kebahagiaan pada segmen penghobi sepeda dan jogging.

"Setiap daerah perkotaan, pemerintah pusat dapat melakukan kerjasama dengan pemerintah kota untuk serius menjadikan program ini menjadi program nasional.

Sehingga selain meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat, dapat sekaligus menjaga lahan agar tidak terkonversi sesuai dengan undang-undang no.41 tahun 2009," kata Legislator Sulawesi Selatan II ini.

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved