Sultan Hasanuddin Bakal Hadiri HUT ke-72 TNI di Makorem 142 Tatag Mamuju

Puncak upacara peringatan HUT ke-72 TNI di Makorem 142 Tatag Mamuju, akan dilaksanakan 5 Oktober 2017, dan serentak di seluruh Indonesia.

Sultan Hasanuddin Bakal Hadiri HUT ke-72 TNI di Makorem 142 Tatag Mamuju
nurhadi/tribunsulbar.com
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI di Makorem 142 Tatag, Kabupaten Mamuju, Sulbar, akan dimeriahkan pertunjukan sosio drama perjuangan Sultan Hasanudin. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, SIMBORO - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI di Makorem 142 Tatag, Kabupaten Mamuju, Sulbar, akan dimeriahkan pertunjukan sosio drama perjuangan Sultan Hasanudin.

Puncak upacara peringatan HUT ke-72 TNI di Makorem 142 Tatag Mamuju, akan dilaksanakan 5 Oktober 2017, dan serentak di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 142 Tatag Mamuju, Mayor Inf Haryo Mustoko, saat ditemui di Makorem, Selasa (3/10/2017).

"Saat upacara HUT TNI nanti, akan dimeriahkan dengan drama perjuangan Sultan hasanuddin melawan VOC yang akan perankan oleh para prajurit dan ASN Makorem serta pelajar di Mamuju," jelas Haryo kepada TribunSulbar.com.

Baca: VIDEO: Tokoh Perempuan Kajang Dipentaskan di HUT TNI ke-71 Tahun

Ia mengatakan, sosio drama mengisahkan sebelum Sultan Hasanuddin menjadi Raja Gowa.

Kerajaan Gowa sudah bersahabat dengan kerajaan Maluku, Ternate, Bima, Ambon dan beberapa kerajaan kecil lainnya yang di perebutkan oleh Belanda, Portugis, Inggris dan spanyol karena rempah-rempahnya.

Ia menambahkan, dalam drama itu I Mallombasi Daeng Mattawang, akan dinobatkan menjadi Raja ke-16  Gowa dengan gelar Sultan Hasanuddin menggantikan ayahnya Sultan Malikussaid.

Kemudian menikahi I Bate daeng tommi atau I Lo'mo Tombong Karaeng Pabineang dan menjadi permaisurinya.

 Upacara HUT TNI ke-72 di Makorem 142 Tatag akan dihadiri Gubernur dan unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta komponen masyarakat lainnya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved