Breaking News:

Konsultasi Tribun Health

Gigi Taring Tidak Tumbuh, Ini Solusinya

DOK saya diberi tau ama tante sya katanya gigi TARING saya gk ada bagaimana solusinya

Gigi Taring Tidak Tumbuh, Ini Solusinya
shutterstock
ilustrasi rajin sikat gigi yang baik

 Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- DOK saya diberi tau ama tante sya katanya gigi TARING saya gk ada bagaimana solusinya??? Apakah sy dioperasi hanya cabut gigi aja. Tolong dok aku mohon penting amat buat aku.

+6285298906xxx

Jawaban 

Normalnya gigi manusia berjumlah 32 buah yang salah satunya tersusun atas 4 buah gigi taring. Karena bentuknya yang berujung runcing, gigi ini berfungsi untuk mencabik dan mengoyak makanan pada proses pengunyahan.

Untuk pertumbuhan gigi taring biasanya pada usia 11-12 tahun. Jika setelah melewati usia normal pertumbuhan gigi dan ternyata gigi taring tidak muncul, ada kemungkinan gigi tersebut mengalami impaksi (terhambat pertumbuhannya sehingga tidak keluar/tertanam di dalam rahang) atau justru memang tidak terdapat benih gigi di dalam tulang. 

Solusinya adalah kondisi ini harus dipastikan terlebih dahulu melalui ronsen foto panoramik, apabila tidak terdapat benih gigi maka hal ini tidak menjadi masalah tapi perlu memastikan lengkung rahang.

Namun jika dari hasil ronsen ditemukan gigi taring yang tertanam di dalam tulang (impaksi), maka harus dilakukan pengangkatan gigi melalui pembedahan (odontekteomi) oleh dokter gigi spesialis bedah mulut dan Maksilofasial. 

Solusi lain adalah dengan melakukan prosedur surgical exposure, yaitu penarikan gigi taring yang tertanam tersebut ke posisi normalnya dengan bantuan kawat gigi yang didahului dengan pembedahan (operasi kecil). 

Namun tindakan ini hanya dapat dilakukan apabila posisi gigi taring yang tertanam tidak miring atau dengan kemiringan tertentu dan memungkinkan untuk dilakukan penarikan.(*)

dokter Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial drg. M. Ruslin, M.Kes., Sp.BM(K)

Penulis: Hasrul
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved