Breaking News:

wisata sulsel

Awal Agustus, Lomba Hias dan Balapan Perahu di Danau Tempe

Ajang pariwisata dan pelestarian budaya setempat ini dijadwalkan berlangsung 1 hingga 10 Agustus nanri

TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Suasana rumah terapung di danau tempe kecamatan Sabbangparu, kota Sengkang, kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, jumat (15/4/2016) 

WISATAWAN yang ingin melancong di wilayah Sulsel dalam waktu dekat ini bisa menjadikan Festival Danau Tempe di Kabupaten Wajo dalam daftar destinasi perjalanan wisatanya.

Di festival tersebut wisatawan bisa menyaksikan sejumlah agenda kegiatan menarik yang digelar di kawasan Danau Tempe seperti lomba balapan perahu dan lomba perahu hias.

Ajang pariwisata dan pelestarian budaya setempat ini dijadwalkan berlangsung 1 hingga 10 Agustus 2017 nanti. Namun, festival akan dipusatkan di kompleks Rumah Adat Atakkae, Kecamatan Tempe.

Baca: Danau Tempe Wajo Jadi Lahan Pertanian dan Obyek Wisata

Kepala Dinas Pariwisata Wajo, Andi Darmawangsa, mengatakan Festival Danau Tempe merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Masih dalam rangkaian festival tersebut akan ada lomba balap perahu dayung serta hias perahu yang diselenggarakan di muara Danau Tempe di Kelurahan Laelo," sebutnya, Senin (25/7/2017). Ia berharap festival tersebut bisa menarik wisatawan berkunjung ke Wajo.

Rumah Terapung
SAAT melancong ke Danau Tempe, Kabupaten Wajo, rasanya tak lengkap jika belum menyambangi permukiman terapung di perairan Desa Salotengnga, Kecamatan Sabbang Paru.

Di sana, bisa dijumpai sejumlah rumah warga yang mengapung di permukaan danau tanpa tiang penopang dari dasar danau. Karena terapung di atas air, rumah-rumah terapung yang didiami nelayan itu sering bergeser dari mengikuti gelombang permukaan air danau.

Baca: VIDEO DRONE: Pesona Rumah Terapung di Danau Tempe Wajo

Agar tak “hanyut”, setiap rumah terapung diikatkan pada sebuah patok yang ditanam di dasar danau. Akses menuju perkampungan rumah terapung itu bisa diakses dari dermaga yang ada di dekat Taman Paduppa, tepat berada di bawah Jembatan Gantung Paduppa, Sengkang, Kabupaten Wajo.

Jarak dermaga Taman Paduppa ke kampung terapung sekitar 6 kilometer atau menelan waktu sekitar 30-40 menit dengan menggunakan perahu sewa menyusuri Sungai Walanae. Sepanjang perjalanan akan dijumpai gugusan atau “gerombolan” eceng gondok di permukaan perairan lepas Danau Tempe.(*)

festival danau tempe 2017
pemilihan ana dara na kallolona
pameran kuliner tradisional
pameran industri rumahan
pameran ekonomi kreatif
lomab balap perahu
lomba hias perahu

Penulis: St Hamdana Rahman
Editor: Ridwan Putra
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved