FPMS Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Soppeng, Ini Tujuannya

Materi yang akan dibahas di antaranya pemaparan visi misi UU no.6 tahun 2014 tentang Desa

FPMS Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Soppeng, Ini Tujuannya
HANDOVER
Forum Pemerhati Masyarakat Soppeng (FPMS),menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Soppeng selama dua hari, mulai 15 - 16 Juli, di baruga Rujab bupati Soppeng, Sabtu (15/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sudirman

TRIBUN-TIMUR.COM,SOPPENG - Forum Pemerhati Masyarakat Soppeng (FPMS),menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Soppeng selama dua hari, mulai 15 - 16 Juli, di baruga Rujab bupati Soppeng, Sabtu (15/7/2017).

Adapun tema pelatihan tersebut yaitu "Peran BPD dalam mewujudkan pemerintahan Desa yang Demokratis".

Asisten 1 Pemda Soppeng Sarianto, mengimbau agar para peserta khususnya anggota BPD, agar ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan di masing-masing desanya.

Selain itu, diharapkan kedepan peran BPD bisa menjadi garda terdepan penyalur aspirasi masyarakat di desa.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota BPD seperti penguatan hak dan kewajiban BPD, mekanisme pengawasan dana desa oleh BPD, serta tata cara pelaksanaan musyawarah desa oleh BPD," tambah Sarianto.

Hal ini dianggap penting karena, banyaknya perubahan regulasi sejak diberlakukannya UU no.6 tahun 2014 tentang desa, lebih khusus terkait adanya permendagri 110 tahun 2016 tentang BPD" ungkap Ardiansyah selaku ketua panitia.

Adapun materi yang akan dibahas di antaranya pemaparan visi misi UU no.6 tahun 2014 tentang Desa, peran strategis BPD dalam pembangunan desa, manajemen pemerintahan dan kelembagaan desa, dan nilai-nilai kearifan lokal dalam menjalankan tugas dan fungsi BPD.

Adapun pemateri atau narasumber berasal dari Dinas PMD Kab.Soppeng, tenaga ahli P3MD kab.soppeng, konsultan politik dan pemerintahan dan konsultan pemberdayaan masyarakat. (*)

Penulis: Sudirman
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved