Makassar Tergenang Meski Hujan Hanya Sebentar? Ini Penyebabnya

Tak hanya itu, sedimentasi di sejumlah drainase dan menumpuknya sampah di sejumlah persimpangan saluran dan kanal

Makassar Tergenang Meski Hujan Hanya Sebentar? Ini Penyebabnya
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Pengendara berusaha menerobos genangan air di Jl AP Pettarani, Makassar, Sabtu (24/9/2016) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR- Hujan deras yang terjadi Sabtu (24/9/2016) malam, mengakibatkan sejumlah ruas jalan di kota Makassar tergenang.

Ruas Jl AP Petta Rani juga tak terelakkan dari genangan hingga hampir selutut orang dewasa. Sejumlah spekulasi alasan penyebab banjirpun bermunculan, dan kebanyakan mempersoalkan buruknya saluran drainase.

Kepala Bidang Bangunan Air Dinas Pekerjaan Umum Makassar, Fuad yang dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (25/9/2016) menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh warga atas genangan tersebut.

"Saya sebelumnya ingin meminta maaf kepada warga yang terkena dampaknya," ucap Fuad.

Lebih lanjut Fuad menjelaskan genangan yang terjadi kemarin malam itu disebabkan oleh karena tingginya intensitas hujan ditambah lagi masuk air laut ke kota.

Tak hanya itu, sedimentasi di sejumlah drainase dan menumpuknya sampah di sejumlah persimpangan saluran dan kanal juga diakui Fuad menjadi penyebab terjadinya genangan.

"Yang pasti kita telah berusaha semampu kami untuk meminimalkan genangan di kota Makassar. Satgas drainase kami siagakan 24 ditambah lagi proses pengerukan sedimentasi yang sampai saat ini masih dilakukan," tambah Fuad.

Berdasarkan data dari PU Bangunan Air bahwa untuk kota Makassar sendiri memiliki 31 titik genangan dan baru 3 titik yang diselesaikan. Ditargetkan ke 29 titik genangan lainnya akan rampung 2019 mendatang.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved