Mau Mengajar di Luar Negeri? Ini Tips dari Penerima Beasiswa Amerika

Fitrah saat ini sedang berada di Washington DC, Amerika Serikat, mengikuti program beasiswa bernama Fulbright Foreign Language Teaching Assistant.

Mau Mengajar di Luar Negeri? Ini Tips dari Penerima Beasiswa Amerika
fahrizal/tribun-timur.com
Penerima beasiswa Fulbright Foreign Language Teaching Assistant, Andi Muh Fitrah. 

 TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Mendapat beasiswa pendidikan di luar negeri tentu menjadi impian banyak orang.

Namun, untuk mendapatkan itu, tak semudah dengan mendapatkan beasiswa di dalam negeri, banyak hal yang harus dilalui calon penerima.

Terkadang, seleksi yang ketat membuat banyak calon gagal mendapat beasiswa. untuk itu, salah seorang penerima beasiswa, Andi Muhammad Fitrah  (30), membagikan tips untuk para pemburu beasiswa luar negeri.

Fitrah saat ini sedang berada di Washington DC, Amerika Serikat, mengikuti program beasiswa bernama Fulbright Foreign Language Teaching Assistant.

Ia menjadi Asisten Dosen di Johns Hopkins University, SAIS, salah satu universitas terkemuka di dunia. Selain itu saya juga mengambil kuliah 2 semester tentang Language Studies dan American Studies.

Fitrah mengatakan, untuk memenangkan beasiswa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para calon penerima.

Pertama, pelamar harus tahu kriteria yang diinginkan oleh penyedia beasiswa sebelum mendaftar. 

"Seeprti beasiswa saya, karena ini untuk mengajar bahasa, tentunya pelamar sudah harus memliki pengalaman mengajar bahasa baik itu bahasa Inggris atau bahasa asing," ucapnya.

Kedua, menurut Fitrah, sangat penting untuk melakukan pendaftaran di awal, bahkan jika perlu berkas-berkas sudah harus disiapkan jauh sebelum pendaftaran dibuka. 

"Mengapa? karena waktu pendaftaran yang diberikan sejak program ini dibuka sampai ditutup relatif sangat singkat. Kebanyakan para pelamar terkendala di situ karena persiapan berkas sampai tes Toefl itu membutuhkan waktu juga," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved