Kemenag Siapkan 10 Cadangan CJH Untuk Maros, Ini Alasannya

Kementerian Agama (Kemenag) Maros, menyiapkan 10 cadangan Calon Jemaah Haji (CJH) untuk diberangkatkan ke Mekkah, tahun ini.

Kemenag Siapkan 10 Cadangan CJH Untuk Maros, Ini Alasannya
Ansar
Kepala Kemenag Maros, H Syamsuddin saat berada di ruang kerjanya. 

TRIBUN MAROS.COM, TURIKALE - Kementerian Agama (Kemenag) Maros, menyiapkan 10 cadangan Calon Jemaah Haji (CJH) untuk diberangkatkan ke Mekkah, tahun ini.

Cadangan tersebut diberangkatkan, saat calon yang sudah di daftar tidak melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2019, dalam waktu yang ditentukan.

Kepala Kemenag Maros, H Syamsuddin mengatakan, Kamis (21/3/2019) pelunasan biaya haji dibagi dua tahap.

Tahap pertama mulai Selasa, 19 Maret sampai 15 April 2019 mendatang.

Sementara tahap kedua, dibuka pada Selasa 30 April hingga Jumat 10 Mei mendatang.

Jika CJH yang sudah terdaftar di pusat, tidak melunasi, maka akan diganti oleh cadangan.

"Ada sepuluh orang yang kami siapkan sebagai cadangan. Ada cadangan satu sampai sepuluh. Jika ada warga yang tidak melunasi, maka diganti cadangan," kata Syamsuddin.

Rerata cadangan tersebut merupakan lanjut usia (lansia). Jika cadangan pertama juga tidak melunasi biaya hajinya, maka diganti oleh yang kedua.

Selain tidak melunasi biaya haji, cadangan tersebut juga akan mengisi porsi calon yang sakit atau meninggal dunia, sebelum berangkat.

"Jadi cadangan ini juga harus melakukan pelunasan. Jika tidak, maka akan diganti oleh cadangan berikutnya. Kalau tidak mampu lagi, maka cadangan berikutnya lagi yang masuk," ujar Syamsuddin.

Lansia menjadi cadangan, dengan pertimbangan masalah usia. Jika masih mudah, maka masih bisa menunggu lama berdasarkan porsinya.

Syamsuddin berharap, calon yang sudah dilist berdasarkan porsi, supaya segera melakukan pelunasan biaya haji. Jika tidak, maka pemberangkatan akan ditunda ke tahun depan.

Laporan Wartawan TribunMaros.com, @anchakaumanshar

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Ansar
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved