Pengelolaan Belum Maksimal, 5 Tahun Hanya 25 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Enrekang

"Iya harus diakui, memang belum maksimal. Sumbangsih sektor pariwisata ke PAD kita sangat minim, jumlahnya di bawah Rp 500 juta," kata Haleng Lajju.

Pengelolaan Belum Maksimal, 5 Tahun Hanya 25 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Enrekang
Asiz Albar/Tribun Timur
Air Terjun Laburan di Dusun Singki, Desa Singki, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang Yang belum tersentuh oleh pemerintah daerah. 

TRIBUN-ENREKANG.COM, ENREKANG- Potensi wisata di Kabupaten Enrekang sangat besar, namun belum dikelolah secara maksimal.

Hal itu diakui oleh Kepala Bapenda Enrekang, Haleng Lajju. Menurutnya sektor pariwisata memang belum bisa diandalkan jadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bahkan dari sekian banyak objek wisata, hanya Permandian Alam Lewaja dan Kebun Raya Massenrempulu yang menyumbang PAD.

Baca: Bupati Enrekang Ingin Kebun Raya Massenrempulu Jadi Tujuan Wisata Edukasi Nasional

"Iya harus diakui, memang belum maksimal. Sumbangsih sektor pariwisata ke PAD kita sangat minim, jumlahnya di bawah Rp 500 juta," kata Haleng Lajju, Kamis (14/3/2019).

Ia berharap, sektor pariwisata ke depan bisa makin dibenahi dan berkontribusi lebih pada PAD sebab memiliki potensi yang besar.

Sementara Kepala Bappeda Enrekang, H Baba, mengatakan selama periode pelaksanaan RPJMD 2013-2018, jumlah kunjungan hanya mencapai 25.000 wisatawan.

Hal itu memang jauh jika dibandingkan dengan data kunjungan ke Toraja Utara (Torut) sepanjang 2017 yang mencapai hampir 300 ribu wisatawan setiap tahun.

Baca: TRIBUNWIKI: Yuk Simak Perjalanan Karir Iwan Fals Beserta Karyanya, Dulunya Pengamen

Padahal, kunjungan tersebut tidak sebanding mengingat enrekang merupakan jalur utama wisata ke Toraja.

Meski begitu, Baba, mengatakan capain tersebut dianggap sudah berhasil sebab Pemkab Enrekang memasang target 10.000 wisatawan di RPJMD 2013-2018.

"Penyumbang terbesar kunjungan kita ada di wisata alam Lewaja. Tapi itu masih bisa dikembangkan. Pembenahan objek wisata lain juga perlu seperti ada pusat cinderamata, perbaikan akses jalan objek wisata," ujarnya.(tribunenrekang.com)

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com @whaiez

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved