Mentan Andi Amran Sulaiman Dorong Potensi Lokal Kopi Toraja

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman akan mendorong potensi lokal Kopi di wilayah Toraja.

Mentan Andi Amran Sulaiman Dorong Potensi Lokal Kopi Toraja
TRIBUN TIMUR/RISNAWATI M
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman setelah bertemu ribuan tani dan membawakan bantuan bibit di Plaza Kolam Makale, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Sulsel, Selasa (12/3/2019). / Foto Risnawati 

TRIBUNTORAJA.COM, MAKALE - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman akan mendorong potensi lokal Kopi di wilayah Toraja.

Hal tersebut diutarakan Amran saat kunjungan kerja di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Amran bertemu ribuan kelompok tani dari Kabupaten Tana Toraja maupun Toraja Utara di seputaran Plaza Kolam Makale, Kecamatan Makale, Selasa (12/3/2019).

Baca: 305 Personil Brimob Bone Periksa Kesehatan

Baca: Wakil Bupati Sinjai Minta Aparat Desa Ketahui Visi Misinya

Baca: Jamaah Haji di Palu Jalani Pemeriksaan Tahap 2

Sebanyak 700 ribu batang bibit kopi dibawah Kementrian RI ke Toraja dalam program mengembalikan kejayaan rempah dan komoditas perkebunan menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045.

Turut hadir Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Felicitas Tallulembang, Asisten III Pemprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina, segenap Forkopimda Tana Toraja, Sekda Toraja Utara, Rede Roni Bare, dan tamu undangan.

Andi Amran Sulaiman mengatakan, wilayah Toraja adalah daerah pariwisata yang potensinya tinggi, bersama pemerintah pusat akan terus mendorong potensi lokalnya yakni kopi.

"Nanti ada alat pengolahan dari hulu ke nusantara, dan aku cinta seindah kita memakai pakaian budaya Indonesia," ujarnya.

Amran berharap, bibit kopi yang sudah ditanam nantinya menghasilkan kopi agar dikemas sehingga bisa masuk di supermarket dan diekspor hingga ke mancanegara karena kopi Toraja sudah terkenal.

"Toraja itu kopinya mendunia, sekarang kami bawa 50 truk, tahun lalu 400 ribu batang bantuan, sekarang kami bawakan 700 ribu batang dan ini bukan sembarang kopi tapi kopi unggulan," ucap Amran.

Dihadapan para kelompok tani Amran mengatakan sebanyak 1,7 Juta ekor ayam bantuan diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sulsel untuk disalurkan di 24 Kabupaten/Kota.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved