Pemilu 2019

KPU Gowa Sebut Pemilu 2019 Butuh Kerja Keras

Muchtar mengatakan, untuk pertama kalinya Pemilu dilaksanakan lima kali pemilihan sekaligus

KPU Gowa Sebut Pemilu 2019 Butuh Kerja Keras
Ari Maryadi/Tribungowa.com
Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga bersama Ketua KPU Gowa memimpin rapat koordinasi jelang pemilu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Ketua KPU Gowa Muchtar Muis mengatakan pelaksanaan Pemilu 2019 akan menjadi kerja keras bagi seluruh penyelenggara Pemilu, termasuk aparat kepolisian.

Muchtar mengatakan, untuk pertama kalinya Pemilu dilaksanakan lima kali pemilihan sekaligus. Ia pun menegaskan kepada seluruh pihak terkait agar tidak meninggalkan TPS hingga proses perhitungan suara selesai.

"Jadi ketika proses perhitungan suara berlangsung hingga larut malam, maka tidak ada petugas yang diperbolehkan istirahat. Kalaupun ada yang istirahat, agar TPS tidak ditutup ataupun ditinggalkan sampai perhitungan selesai,” kata Muchtar, Minggu (17/2/2019).

Baca: Kapolres Tegaskan Tindak Pelaku Penyelewengan Bansos di Gowa

Baca: KPU Gowa Gandeng UIN Tingkatkan Partisipasi Pemilih Mahasiswa

Baca: Tinjau Pameran Pendidikan di Gowa, Kemendikbud: Inspirasi Bagi Sekolah

Sementara itu, lokasi gudang penyimpanan logistik Pemilu 2019 akan dipindahkan di Istana Tamalate Balla Lompoa. Jumlah logistik di Pemilu 2019 ini bertambah banyak dari Pilkada maupun Pemilu sebelumnya.

Logistik Pemilu 2019 ini rencananya akan mulai didistribusikan ke kecamatan pada awal April mendatang. Untuk itu, Ketua KPU Gowa meminta para pihak yang bertugas di kecamatan agar tetap menyimpan logistik sebelum didistribusikan ke PPS dan TPS.

“Bapak Kapolres Gowa sebelumnya menyampaikan tidak ada logistik yang bermalam di TPS maupun PPS, karena kalau di PPS hanya menjadi persinggahan untuk logistik yang dikumpulkan dari TPS untuk dibawa ke gudang PPK karena tidak ada aktivitas di tingkat desa,” tambah Muchtar.

Adapun proses rekapitulasi di tingkat kecamatan akan berlangsung mulai tanggal 19 hingga 27 April mendatang. Namun, diharapkan dapat selesai dalam waktu yang cepat, agar dapat segera didistribusikan kembali ke KPU.

Ketua KPU Gowa juga meminta kepada para Ketua PPK agar segera melakukan konsolidasi dengan pihak terkait untuk mencari solusi dalam menentukan dan menyepakati lokasi yang akan dijadikan gedung penyimpanan logistik.

Muhtar menyebut jumlah logistik bertambah banyak, sehingga dapat segera diajukan ke pemerintah pusat terkait anggaran yang akan dipakai untuk melakukan penyewaan lokasi gudang penyimpanan.

Diketahui, Ketua KPU Gowa sebelumnya menghadiri rapat koordinasi pola pengamanan dan persiapan gudang logistik Pemilu 2019 di Aula Endra Dharmalaksana Polres Gowa, Sabtu (16/2/2019) kemarin.

Rapat dipimpin Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga dan turut diikuti para pejabat utama, para kapolsek, para bhabinkamtibmas, serta komisioner KPU, komisioner Bawaslu, dan para Ketua PPK se-Kabupaten Gowa.

Laporan Wartawan Tribun Timur @bungari95

 Baca: RESMI di Indonesia, Samsung Galaxy M20 Dijual Seharga Rp 2 Jutaan, Apa Kabar Xiaomi Redmi Note 7?

Baca: Login ssp3k.bkn.go.id Daftar Online PPPK Tahap 1 Terakhir Hari Ini, Syarat Terbaru, Alur & Dokumen

(*)

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved