Adnan Purichta Ichsan Kampanyekan Gowa Bersih di Hari Peduli Sampah

Orang nomor satu di Gowa ini juga mendeklarasikan menjadikan Gowa kembali meraih Piala Adipura.

Adnan Purichta Ichsan Kampanyekan Gowa Bersih di Hari Peduli Sampah
handover
Adnan Kampanyekan Ayo Gowa Bersih di Hari Peduli Sampah Nasional. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengkampanyekan Ayo Gowa Bersih di Hari Peduli Sampah Nasional yang digelar Peduli Gowa bekerjasama Bank Sampah Induk Gowa dan Pemerintah Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini berlangsung di sela-sela car free day, Jalan Tumanurung, Minggu pagi (10/2). Hadiri dalam kampanye ini Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Nur Subekhi, Kapolres AKBP Shinto Silitonga, serta pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Baca: VIDEO: Ketua KPU Gowa Selamati dan Doakan Tribun Timur di HUT ke-15

Adnan mengatakan sampah dan kotoran merupakan panggilan jiwa, panggilan nurani untuk bisa membersihkan bersama-sama sampah di wilayah kabupaten Gowa.

"Ayo bersama-sama kita jaga kebersihan daerah kita dimulai dari rumah kemudian lingkungan sekitar. Membersihkan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun butuh bantuan dan dukungan kita semua masyarakat Kabupaten Gowa.

Lebih lanjut Bupati Adnan menekankan masyarakat yang tidak sempat ikut kerja bakti bersama hindari untuk membuang sampah disembarangan tempat," tuturnya.

Baca: Pesawat di Bandara Makassar Berkurang 80 Per Hari, Fahri Hamzah Colek Wapres JK Harga Tiket Mahal

Orang nomor satu di Gowa ini juga mendeklarasikan menjadikan Gowa kembali meraih Piala Adipura.

"Oleh Karena itu, hari ini harus menjadi deklarasi kita semua, harus menjadi keinginan kita bersama dan harua menjadi komitmen kita bersama, untuk mewujudkan kabupaten gowa ini menjadi kabupaten yang bersih demi meraih kembali piala adipura," seru Adnan kepada masyarakat yang hadir di car free day ini.

Ditempat yang sama, Ketua Peduli Gowa, Hidayatullah mengatakan bahwa Dalam kampanye ini sebagai awal pembukaan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Gowa.

Baca: Viral Siswa Melawan Guru saat Ditegur Merokok, Ini 3 Kasus Penganiayaan Guru yang Viral di Indonesia

"Hari ini masyarakat akan diajak menandatangani petisi untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian menyerukan agar masyarakat, utamanya relawan Peduli Gowa mengkampanyekan hari peduli sampah nasional di sosial medianya masing-masing dengan tujuan target dari kampanye tersebut dapat terealisasi,"ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Peduli Gowa menyampaikan bahwa, peringatan ini juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan lainnya seperti menggelar Clean up Day di setiap kecamatan di Gowa yang dikordinatori masing-masing Koordinator Peduli Gowa.

Baca: Rivai Ras Hadirkan Pakar Ekonomi, Hukum dan Politik Bahas Visi Capres

"Target Clean up Day ini untuk mengajak semua masyarakat yang ada di kecamatannya untuk terlibat secara aktif membersihkan secara rutin area-area lingkungannya. Termasuk yang terkena dampak pencemaran lingkungan," jelasnya.

Tak hanya itu, Kita juga akan melakukan sosialisasi bank sampah yang lokasinya masih akan dibahas dengan menghadirkan pihak pemerintah kecamatan, lurah, kepala desa, organisasi kelurahan desa, dusun, RT dan RW.

"Sosialisasi bank sampah ini digelar agar kedepannya masyarakat bisa betul-betul paham terkait kehadiran bank sampah di lingkungan mereka," tandas Hidayatullah.(*)

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved