Siswi SMA 2 Makassar Juara Komik Tingkat Dunia

Lomba ini diikuti 3.600 karya dari lebih 130 negara. Pemenang ditentukan dari 23.000 suara yang ikut memilih di situs web.

Siswi SMA 2 Makassar Juara Komik Tingkat Dunia
handover
Rizka Raisa Fatimah Ramli 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Rizka Raisa Fatimah Ramli tiba-tiba menjadi buah bibir. Tidak hanya di Makassar, tapi di kalangan penggemar komik dunia.

Siswi SMA Negeri 2 Makassar ini berhasil menjuarai lomba komik dunia yang diselenggarakan UNICEF dan Comics Uniting Nations.

Berkat komiknya dengan karakter hero bernama Cipta, ia mampu menarik perhatian para dewan juri.

Disebutkan, Cipta memberi anak-anak buku sketsa untuk menggambar benda yang kemudian menjadi nyata dan menghentikan kekerasan serta intimidasi terhadap anak.

Menurut Rizka, karakter Cipta dibentuk untuk menarik perhatian pada kekerasan dan perundungan (bullying) yang kerap dihadapi anak-anak di Indonesia setiap hari.

Ia berharap melalui komik tersebut bisa menginspirqasi banyak orang, terutama anak-anak. “Setidaknya anak-anak mau terbuka menceritakan hal-hal yang terjadi pada dirinya secara langsung kepada orangtuanya atau kepada orang yang dipercaya,” kata Rizka.

Lomba komik yang diluncurkan oleh UNICEF dan Comics Uniting Nations pada Oktober 2018 lalu. Lomba ini bertujuan mengajak anak-anak dan remaja untuk menciptakan superhero komik untuk mengalahkan The Silence karakter supranatural yang menggunakan kekuatan untuk menghentikan anak-anak yang ingin berbicara dan mengambil tindakan melawan kekerasan di dan sekitar sekolah.

Lomba ini diikuti 3.600 karya dari lebih 130 negara. Pemenang ditentukan dari 23.000 suara yang ikut memilih di situs web.

Setelah ini, Rizka akan berkolaborasi dengan tim profesional untuk menghasilkan buku komik lengkap yang menampilkan Cipta dan akan dipamerkan di Forum Politik Tingkat Tinggi di Markas PBBB New York, Juli 2019 mendatang. Komik ini selanjutnya didistribusikan ke sekolah-sekolah dan anak-anak di seluruh dunia.(*/tribun-timur.com)

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved