Ketua Osis Bisa Masuk Unhas Tanpa Tes, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Adapun kuota yang disiapkan Unhas ialah 24 Ketos SMA/SMK sederajat baik negeri ataupun swasta periode 2017-2018.

Ketua Osis Bisa Masuk Unhas Tanpa Tes, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran
INT
LOGO UNHAS

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sukmawati Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- Bidang Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin membuat terobosan baru dengan membuka jalur masuk khusus untuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Program baru ini masuk dalam penerimaan jalur mandiri yang kemudian disebut program pembinaan bakat kepemimpinan bagi Ketua OSIS (Ketos) di 24 kabupaten di Sulawesi Selatan mulai 21 Januari mendatang.

Baca: PDAM Bakal Hentikan Distribusi Air Selama Pengerjaan Pipa di Jl Sultan Alauddin-AP Pettarani

Baca: Terduga Pembunuh Siswi SMK di Bogor Berinisial S, ini Motif Pelaku Tikam Adriana Yubelia Noven

"Jalur ini memang dikhususkan untuk ketua osis dengan tujuan agar mereka yang berprestasi dan berkecimpung di organisasi bisa mendapatkan kesempatan kuliah di Unhas," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unhas, Prof Arsunan, Rabu (9/1/2019).

"Mulai minggu depan kami akan menurunkan empat tim untuk sosialisasi program ke dinas pendidikan di masing-masing kabupaten. Untuk daerah kabupaten/kota yang akan kita sasar lebih dahulu adalah Selayar, Bulukumba, Sinjai, Bantaeng sambil tim lainnya juga mengunjungi daerah lainnya," lanjutnya.

Adapun kuota yang disiapkan Unhas ialah 24 Ketos SMA/SMK sederajat baik negeri ataupun swasta periode 2017-2018 atau saat ini telah duduk di kelas XII di wilayah Sulsel.

Baca: Varian Baru Makassar Baklave, Double Fromage Hanya Rp 35 ribu

"Semua Ketos berkesempatan, asalkan yang mengikuti seleksi harus berasal dari sekolah yang berakreditasi A. Selain itu nilai akademik harus tinggi, program bagus dan memiliki jiwa kepemimpinan," ujarnya.

Sementara untuk Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara baru akan disosialisasikan setelah proses monitoring dan evaluasi (Monev) di wilayah Sulsel.

"Sebagai langkah awal kita di Sulsel dulu, masing-masing kabupaten/kota hanya akan dipilih satu saja. Tetapi mereka ini akan bersaing ketat karena masing-masing daerah tentu memiliki banyak ketua yang juga sekolah telah terakreditasi A," tutur Prf Arsunan.

Baca: Pernikahan Putra Nurdin Abdullah Pertemukan SYL-Amin Syam

Selain itu Unhas juga melihat jurusan yang dipilih, karena setiap pendaftar diberi kesempatan memilih dua jurusan saja jika ternyata peminatnya banyak dan kuota jurusan tersebut sedikit maka harus bersaing dengan ketos dari sekolah lain.

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved