Antisipasi Sejak Dini, Pasokan dan Harga Cabai Bawang saat Natal Hingga Tahun Baru Aman Terkendali

Janji pemerintah untuk mengamankan pasokan dan harga pangan strategis pada momentum Hari Raya Natal tahun ini ternyata terbukti.

Antisipasi Sejak Dini, Pasokan dan Harga Cabai Bawang saat Natal Hingga Tahun Baru Aman Terkendali - kementan-1-31122018.jpg
DOK KEMENTAN RI
Antisipasi Sejak Dini, Pasokan dan Harga Cabai Bawang saat Natal Hingga Tahun Baru Aman Terkendali - kementan-2-31122018.jpg
DOK KEMENTAN RI
Antisipasi Sejak Dini, Pasokan dan Harga Cabai Bawang saat Natal Hingga Tahun Baru Aman Terkendali - kementan-3-31122018.jpg
DOK KEMENTAN RI
Antisipasi Sejak Dini, Pasokan dan Harga Cabai Bawang saat Natal Hingga Tahun Baru Aman Terkendali - kementan-4-31122018.jpg
DOK KEMENTAN RI

TRIBUN-TIMUR.COM - Janji pemerintah untuk mengamankan pasokan dan harga pangan strategis pada momentum Hari Raya Natal tahun ini ternyata terbukti.

Lihat saja, dua komoditas bumbu dapur yang dianggap sebagai penyumbang inflasi yaitu cabai dan bawang, hingga saat ini terpantau terkendali stabil.

Dengan demikian, kekhawatiran akan melonjaknya harga cabai dan bawang pun tidak terbukti.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan menegaskan pemerintah menjamin pasokan cabai dan bawang akan lancar dan mencukupi kebutuhan termasuk Natal dan Tahun Baru nanti.

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengawal langsung pasokan cabai dan bawang dari hulu.

Menurutnya, tak ada alasan cabai dan bawang langka karena sudah terbukti dua tahun ini masyarakat merasakan lebih tenang dan tidak lagi was-was karena harga cabai dan bawang tidak terlalu bergejolak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi menjelaskan faktor kunci keberhasilan menjaga stabilitas pasokan adalah antisipasi katersediaan sejak 3 hingga 4 bulan sebelumnya.

Untuk cabai dan bawang merah Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan sudah jauh-jauh hari menyiapkan tambah tanam untuk persiapan hari-hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru.

“Untuk bawang merah 2 sampai 3 bulan sebelumnya sudah bisa dirancang penambahan tanamnya. Untuk cabai 4 sampai 5 bulan sebelumnya sudah ditanam,” demikian dikatakan Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Selain penjadwalan produksi, sambung Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi, Kementan saat ini menerapkan 10 jurus yang sangat ampuh untuk menjamin stabilisasi pasokan dan harga.

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved