Rutan Kelas IIB Enrekang Bakal Siapkan Program Rehabilitasi Narkoba

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Enrekang tak lagi hanya menjadi tempat pembinaan bagi pelanggar hukum saja.

Rutan Kelas IIB Enrekang Bakal Siapkan Program Rehabilitasi Narkoba
Tubagus M Chaidir
Kepala Rutan Kelas IIB Enrekang, Tubagus M Chaidir, saat menyambangi Kantor Badan Narkotia Nasioal (BNN) Toraja untuk melakukan kerjasama rehabilitasi. 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Enrekang tak lagi hanya menjadi tempat pembinaan bagi pelanggar hukum saja.

Rutan Enrekang juga bakal menjadi tempat rehabilitasi bagi para pelaku penyalahgunaan Narkoba.

Baca: Gadis Cantik Ini Manfaatkan Car Free Day Gowa Jualan Ayam Krispi

Baca: Dilepas NA, Ratusan Ribu Guru Ikut Jalan Sehat

Menurut Kepala Rutan Kelas IIB Enrekang, Tubagus M Chaidir, pihaknya telah menyambangi Kantor Badan Narkotia Nasioal (BNN) Toraja untuk melakukan kerjasama rehabilitasi.

"Ini sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian dan HAM RI NOMOR PAS-121.PK01.07.01 Tahun 2017 tentang penetapan UPT pemasyarakatan penyelenggaraan layanan rehabilitasi tahanan dan warga binaan pemasyarakatan penyalahgunaan Narkotika," kata Tubagus kepada TribunEnrekang.com, Minggu (25/11/2018).

Ia menjelaskan, rehabilitasi bertujuan untuk penanganan, pencegahan dan penyembuhan sehingga pelaku tidak menggunakan narkoba lagi.

Nantinya, dalam rehabilitasi yang dilakuan diharapkan dapat memberikan pelatihan dan terapi bagi peserta layanan rehabilitasi dan juga memberikan perubahan mindset bagi warga binaan yang menjadi pecandu Narkoba.

Baca: Pelaku Pencurian di Rumah Kepala SMK PGRI Enrekang Akhirnya Dibekuk

Baca: Lagi Ramai, Hotman Paris vs Kapolres Bogor Adu Argumen di Medsos, Singgung Brigjen Tedy Juga

Sebab, rehabilitasi adalah suatu kebutuhan dan bukan paksaan, sehingga peserta dapat merubah pola hidup yang tidak sehat dari pemakaian Narkotika menjadi kehidupan normal yang baik dan dapat diterima dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat.

"Kita akan membuat program pembinaan rehabilitasi guna penanggulangan penanganan, pencegahan, peredaran bahaya narkoba di Rutan maupun Lapas sehingga zero halinar bisa berhasil," ujarnya.

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved