Dosen Keperawatan Unhas Evaluasi Pengabdian Masyarakat di Makassar

Sebelumnya peserta telah mendapatkan pelatihan masase abdomen dan kunjungan rumah pasien stroke sejak September 2018 lalu.

Dosen Keperawatan Unhas Evaluasi Pengabdian Masyarakat di Makassar
CITIZEN REPORTER/Widya Septiyani
Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat Unhas – Program Kemitraan Masyarakat (PPMU – PKM) dari Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan Unhas bekerjasama dengan Puskesmas Antara Kota Makassar melaksanakan kegiatan “Evaluasi Pendampingan Keluarga dalam Mencegah Konstipasi pada Pasien Stroke”. 

Widya Septiyan SKep Ns

Alumni Profesi Ners Fakultas Keperawatan Unhas 2018

Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM-Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat Unhas – Program Kemitraan Masyarakat (PPMU – PKM) dari Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan Unhas bekerjasama dengan Puskesmas Antara Kota Makassar melaksanakan kegiatan “Evaluasi Pendampingan Keluarga dalam Mencegah Konstipasi pada Pasien Stroke”.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 3 November 2018 di Ruang Pertemuan Puskesmas Antara. Sebanyak 17 peserta yang hadir terdiri atas kader kesehatan wilayah kerja Puskesmas Antara dan keluarga pasien stroke.

Sebelumnya peserta telah mendapatkan pelatihan masase abdomen dan kunjungan rumah pasien stroke sejak September 2018 lalu.

Tujuan kegiatan evaluasi ini untuk menilai pengalaman dan kemampuan kader kesehatan & keluarga pasien stroke dalam melakukan masase abdomen guna mencegah konstipasi.

Kegiatan evaluasi diawali oleh sambutan dari pihak Puskesmas Antara dan dilanjutkan oleh Ketua PPMU-PKM Unhas Rini Rachmawaty SKep Ns MN PhD. Selanjutnya, kader dan keluarga pasien stroke dievaluasi kemampuannya dalam melakukan masase abdomen.

Lalu, Ilkafah SKep Ns MKep menunjukkan kembali langkah-langkah masase abdomen yang benar untuk mengkoreksi langkah masase abdomen yang kurang tepat saat disimulasikan.

Setelah itu, peserta diberikan kesempatan untuk mengungkapkan hambatan dalam melakukan masase abdomen dan manfaat yang diperoleh dari program pengabdian ini.

Peserta mengatakan tidak ada hambatan dalam melakukan masase abdomen dan program ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah konstipasi khususnya pada pasien stroke.

Kader kesehatan yang turut berpartisipasi saat kunjungan ke rumah pasien stroke mengaku sangat senang karena kegiatan ini menambah wawasan dan pengalaman mereka serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk berbagi ilmu yang telah mereka peroleh saat pelatihan.

Harapan dari tim PPMU-PKM Unhas dan pihak Puskesmas Antara agar kader dan keluarga pasien stroke dapat terus mengaplikasikan masase abdomen ini untuk mencegah konstipasi dengan tetap memperhatikan kontra indikasi dari masase abdomen ini.

Tim PPMU-PKM Unhas juga berharap agar kerjasama dengan pihak Puskesmas Antara dapat terus berlanjut baik dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved