Dubes Republik Ceko Ivan Hotek Keliling-keliling di Pabrik PT Semen Tonasa. Ini yang Dilihatnya!

Ivan Hotek melihat dari dekat eks Pabrik Semen Tonasa I yang juga dikenal dengan sebutan Tonasa Park.

Dubes Republik Ceko Ivan Hotek Keliling-keliling di Pabrik PT Semen Tonasa. Ini yang Dilihatnya!
handover
Duta Besar (Dubes) Republik Ceko Ivan Hotek berkunjung ke Pabrik Semen Tonasa di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Kamis, 11 Oktober 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Munjiyah Dirga Ghazali

TRIBUNPANGKEP.COM, PANKAJENE - Duta Besar (Dubes) Republik Ceko Ivan Hotek berkunjung ke Pabrik Semen Tonasa di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Kamis, 11 Oktober 2018.

Kehadiran Ivan Hotek ke eks Pabrik Semen Tonasa I tak lain karena kerja sama yang kuat terbangun pada tahun 1960 antara Indonesia dengan Cekoslowakia.

DIkutip dari rilis Humas PT Semen Tonasa, Sabtu (13/10/2018), Ivan Hotek melihat dari dekat eks Pabrik Semen Tonasa I yang juga dikenal dengan sebutan Tonasa Park.

Kedahiran Dubes Cekoslowakia, Ivan Hotek didampingi langsung Direktur Utama PT Semen Tonasa Subhan SE dan Direktur Keuangan Bambang Eko Prasetyo.

Baca: Preview PSM Vs Arema, Robert Target Lanjutkan Tren, Petrovic Pasrah Tanpa Dukungan Aremania

Baca: Berkah dari JNE, Andi Marwah Menyesap Manisnya Dagang Online di @galery_brandedq

Baca: PSM Vs Arema - Incar 4 Kemenangan Beruntun, Robert Siapkan Pengganti Abdul Rahman dan Rizky Pellu

Tampak pula Kadep Humas dan Hukum Ferry Djufri, Kepala Biro Humas Said Chalik dan jajaran manajemen Semen Tonasa serta relasi Dubes Ceko Zulkifli Gani Ottoh.

"Banyak peninggalan Ceko di eks Pabrik Semen Tonasa," kata Ketua Revitalisasi Tonasa Park Semen Tonasa, Ade Meiriyadi memberikan keterangan alasan kedatangan Dubes Ceko.

“Itulah yang dilihat langsung oleh Dubesnya. Makanya kita tidak ingin apa yang pernah berjaya dulu tidak hilang. Sehingga saat ini kita buat monumennya dalam bentuk Tonasa Park,” jelasnya.

Masih Cekoslowakia

Ya, pada tahun 1960 silam, saat Republik Ceko masih bergabung dalam negara Cekoslowakia –kini menjadi terpisah jadi dua negara, Republik Ceko dan Slovakia, banyak menyumbang teknologi semen.

Baca: PT Semen Tonasa Kirim Tim Tanggap Darurat ke Palu

Baca: 72 UKM Dapat Pinjaman Modal Kerja Semen Tonasa

Baca: Karyawan Semen Tonasa Berbagi Bersama Pengungsi Lombok

“Pada masa 1960-an, saat masih bernama Cekoslowakia, mereka memberi sumbangsih sangat tinggi untuk kemajuan industri semen di Indonesia, khususnya Semen Tonasa,” tambahnya.

Terpisah Kepala Biro Humas, Said Chalik menambahkan bahwa PT Semen Tonasa punya kenangan manis dengan pemerintah Republik Ceko.

“Khususnya terkait dukungan pada awal-awal berdirinya pabrik semen yang berlokasi di Pangkep ini. Mesin-mesin masih kokoh berdiri di area Tonasa Park," kata Chalik.

“Dan juga kami ingin memperkenalkan kembali situs Tonasa I yang mulai terlupakan, dimana pada tahun 1968 satu-satunya pabrik semen yang ada di Indonesia bagian timur itu adalah PT Semen Tonasa,” jelasnya. (*)

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Arif Fuddin Usman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help